Tingkatkan Kemampuan Personil, Ditsamapta Polda NTT Gelar Latihan Dalmas Awal

Tingkatkan Kemampuan Personil, Ditsamapta Polda NTT Gelar Latihan Dalmas Awal

Tribratanewsntt.com  - Dalam rangka meningkatkan kemampuan personil, Ditsamapta Polda NTT menggelar latihan Pengendalian Massa (Dalmas), Selasa (21/9/2021) pagi.

Kegiatan latihan Dalmas ini dimulai pada pukul 08.00 Wita hingga pukul 09.30 Wita digelar di Lapangan apel Ditsamapta Polda NTT dan diawasi langsung oleh Dirsamapta Polda NTT Kombes Pol. Sudarmin, S.I.K., M.H., didampingi kasubditdalmas Ditsamapta Kompol Alvianus Wabang.

Sebanyak 60 personil Ditsamapta Polda NTT melaksanakan latihan Dalmas awal dipimpin yang dipimpin oleh pelatih Dalmas Yakni Aiptu Gede Wibawa, Aipda Efen Baitanu, Aipda Khaesar Rohman dan Bripka Jody Toelle, S.H.

Dirsamapta Polda NTT Kombes Pol. Sudarmin, S.I.K., M.H., menyampaikan pelatihan Pengendalian Massa (Dalmas) dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan fisik dan kesiap siagaan personel dalam menanggulangi aksi unjuk rasa.

“Pelatihan ini bertujuan untuk melatih fisik, dan kesiapan personel pada saat menghadapi unjuk rasa yang sebenarnya di lapangan", ucap Dirsamapta Polda NTT.

Ia menjelaskan bahwa, kegiatan ini untuk mengingat kembali gerakan maupun formasi Dalmas dalam persiapan pengamanan massa, dan mengantisipasi gangguan Kamtibmas lainnya yang terjadi di wilayah hukum Polda NTT.

"Pelatihan pengendalian massa ini dimulai dari latihan Dalmas awal dengan materi yang dilatih terdiri dari penguasaan membentuk Formasi Dalmas Awal yaitu Formasi Bersyaf dan Banjar tiga serta penguasaan pegang tali dalmas dan teknik mendesak serta mendorong massa pengunjuk rasa", jelasnya.

”Dengan adanya latihan dalmas ini diharapkan seluruh personel Ditsamapta Polda NTT paham dan mengetahui tahapan-tahapan dalam pengendalian massa sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP), serta mampu menerapkannya dilapangan", Pungkasnya.