25.760 Vial Az Perancis Tiba di Kupang Siang Ini, Dikawal Ketat Personel Polda NTT

25.760 Vial Az Perancis Tiba di Kupang Siang Ini, Dikawal Ketat Personel Polda NTT

Tribratanewsntt.com,- Polda NTT Kawal kedatangan Vaksin Covid 19 yang didistribusikan oleh Pemerintah Pusat untuk Wilayah Provinsi NTT, Kamis (14/10/2021). Vaksin yang datang tersebut diberikan pemerintah yang ke 66 kalinya untuk wilayah NTT.

Kegiatan pengamanan dan pengawalan vaksin covid 19 ini dipimpin oleh Pamin 3 Sie STNK Dit Lantas Polda NTT Iptu Rally Lerick yang didampingi Kanit I Subden 3 Den Gegana Sat Brimobda NTT Ipda Quin Tuhuleru yang mengerahkan 15 orang personel gabungan Brimob, Intelkam, Lantas dan Humas.

Kedatangan sebanyak 24 koli/25.760 vial Az Perancis ini dialokasikan Dinkes Provinsi NTT untuk percepatan pelayanan vaksinasi.

Adapun rincian dari 24 koli vaksin tersebut adalah vaksin Aztra Zeneca Alokasi DPR RI Komisi IX (Melkianus Laka Lana) berjumlah 15.000 Vial dan Coronavac Alokasi dari Kemenkes RI sebanyak 10.760 Vial yang di peruntukan bagi Dinas Kesehatan berjumlah 5.600 Vial, TNI sebanyak 2.560 Vial, Polri  2.560 Vial dan OJK 40 Vial.

Pukul 12.45 Wita telah mendarat di Bandar Udara Eltari Kupang Pesawat Garuda Indonesia dengan Nomor Flight GA - 448 yang mengangkut vaksin Covid-19.

Sebelum diangkut, Pers KBR Satuan Gegana Brimobda NTT melaksanakan penyemprotan cairan disinfektan pada Truck Box Penyimpanan Vaksin.

Disela-sela kegiatan Pamin 3 Sie STNK Dit Lantas Polda NTT Iptu Rally Lerick mengatakan bahwa pihaknya kawal ketat mulai dari Sterilisasi, pengecekan jumlah vaksin dan pengawalan VVIP.

“Vaksin tersebut dikawal ketat oleh Personel kami mulai dari kedatangan dilakukan strerilisasi, lalu dicek jumlahnya dan selanjutnya dilakukan pengawalan VVIP dari bandara Eltari hingga menuju Gudang Farmasi Dinkesdukcapil Provinsi NTT”jelas Iptu Rally Lerick.

Setelah dilakukan Penyerahan dari Kargo Bandar Udara Eltari Kupang kepada TSA Kargo Perwakilan NTT, petugas langsung melakukan pengamanan dan pengawalan dari Bandar Udara Eltari Kupang Ke Gudang Farmasi Jalan Pulau Indah Kelurahan Oesapa Barat, Kecamatan Kelapa Lima. Vaksin tersebut diangkut menggunakan Truck Box Nomor Polisi D 8095 FO.

Iringan Pengawalan tiba di gudang Farmasi Provinsi NTT di jalan Pulau Indah Kelurahan Oesapa Barat Kecamatan Kelapa Lima dan dilanjutkan dengan penyerahan dari TSA Kargo Perwakilan  Eltari Kupang kepada Kepala Seksi Kefarmasian dan Alat Kesehatan Dinas Kesehatan Kependudukan dan Catatan Sipil Provinsi NTT. Vaksin Covid-19 ini akan disimpan di dalam  Cool Room dengan suhu 2°C - 8°C.