Anggota Polres Mabar Berikan Penyuluhan Bahaya Narkoba Dan Pencegahannya

Anggota Polres Mabar Berikan Penyuluhan Bahaya Narkoba Dan Pencegahannya

Tribratanewsntt.com - Dalam rangka program pembinaan pemuda organisasi kepemudaan, Dinas Pendidikan Kepemudaan Dan Olahraga laksanakan kegiatan pendidikan dan penguatan karakter usia 16 s/d 30 tahun  di Aula SKB Dinas Pendidikan Kepemudaan Dan Olahraga (PPO) Kabupaten Manggarai Barat. Senin (15/10/18) Pagi.

Turut hadir  Sekretaris Dina PKO Kab. Mabar Bapak Yeremias Unggas, Kasat IK Res Mabar Iptu Cakra Mudra, S.IP, Kasat Narkoba Iptu Hajairin, Kepala Bidang Pemuda dan Olah Raga Bapak Salesius Samur, Para Guru, OMK dan Perwakilan Siswa-Siswa dalam Kota Labuan Bajo sekitar 100 Orang.

Bertemakan “Bahaya Narkoba bagi generasi Muda, Bahaya HIV/AIDS bagi generasi muda dan Pengendalian diri melalui kegiatan Kerohanian”, Persoalan kepemudaan menjadi perhatian besar Dinas PPO Manggarai Barat. Peran pemuda dianggap memegang peranan penting untuk memberikan nilai positif dalam aspek pembangunan negara.

“Pemuda adalah Harapan Bangsa, Pemuda merupakan elemen yang sentral dalam membangun bangsa, pemuda sekarang dalam masa krisis karakter yang belum memberikan nilai positif dalam pembangunan yang dibutuhkan oleh negara” terang Kepala Bidang Pemuda Dan Olahraga

Kepala Dinas PPO juga menambahkan bahwa cerminan pemuda berkarakter harus memiliki integritas, akhlak, dan mental yang kuat.

Lebih lanjut, Sekretaris Dinas PPO Yeremias Unggas menyampaikan bahwa perbedaan karakter pemuda masa lalu dan masa kini cukup kentara. Pelanggaraan norma-norma pemuda masa kini sangat dipengaruhi dunia digital dan paham radikalisme yang merusak moral.

Sementara itu Kasat Narkoba Polres Mabar Iptu Hajairin selaku pemateri menyampaikan bahwa bahaya narkoba saat ini berstatus bahaya nasional. Penyalahgunaan dan ketergantungan narkoba dapat berdampak pada gangguan psikologis seperti mengganggu ketertiban umum dan Seks bebas. Sehingga perlu tindakan pencegahan sedini mungkin oleh para pemuda.

“Dampak secara khusus narkoba yakni Dampak Psikologis diantaranya depresi, ketakutan yang luar biasa, selalu merasa mencurigai pada siapapun dan Dampak sosial yakni selalu menggangu ketertiban umum dan tidak melakukan berkuminikasi yang intens dengan lingkungan/kehidupan disekitar dan dampak yang fatal bagi pemuda/pemudi yakni Melakukan seks bebas” terang Kasat Narkoba Polres Mabar

“Pencegahan narkoba sangatlah beragam, mulai dari mengembangkan hobi, aktif berkegiatan positif, hingga berhati-hati dalam bergaul” tambahnya

Pada Kesempatan yang sama, Kasat Intelkam Iptu Cakra Mudra S.IP juga memberikan motivasi kepada para pemuda sebagai penerus bangsa agar menjadi pemuda yang berkarakter unggul. Melalui penguatan karakter pemuda diharapkan dapat menjadi investasi penting untuk mendorong bangsa indonesia menjadi lebih kuat.

“Indikator karakter pemuda yang unggul adalah mereka yg berani melakukan hal baik tanpa harus dilihat orang lain, serta dimanapun dan kapanpun mampu mencermati situasi dan mengamalkan nilai-nilai baik yang diyakininya serta berani menolak hal yang negatif” tutur Kasat Intelkam.

Terakhir, Kasat Intelkam mengingatkan bahwa pengamalan karakter bagi pemuda sekarang mengalami tantangan. Terutama dengan tren globalisasi yang mengubah tatanan sikap perilaku anak muda di seluruh dunia. Sebagai Generasi Millenial, pemuda harus lebih bijak dalam memanfaatkan teknologi dan tetap fokus pada kegiatan positif.

“Maka dari itu sebelum kita semua kecanduan dengan gadget dan medsos, sebelum kita terpengaruh bahaya miras, rokok, dan narkoba sehingga menjadi kecanduan, mari kita pusatkan energi kita untuk berkesenian, berolahraga, dan berkumpul dalam perkumpulan yang positif” tambah Kasat Intelkam