Antisipasi HIV/AIDS , Personel Polsek Rote Barat Laut Ikuti Screening dan Pemeriksaan Tes Darah

Antisipasi HIV/AIDS , Personel Polsek Rote Barat Laut Ikuti Screening dan Pemeriksaan Tes Darah

Tribratanewsntt.com- Sebanyak 18 personel Polsek Rote Barat Laut mengikuti screening dan pemeriksaan sampel darah dalam rangka cegah Syphilis  dan HIV / AIDS yang digelar di Mapolsek Rote Barat Laut, pagi ini Rabu (15/03/2023).

Kapolsek Rote Barat Laut IPDA Esbon Toelle menjelaskan bahwa kegiatan screening ini merupakan program dari Dinas Kesehatan Kabupaten Rote Ndao melalui Puskesmas di kewilayahan dalam rangka cegah Syphilis  dan HIV / AIDS.

“Ini merupakan program dari Pemerintah Daerah melalui Dinas Kesehatan, untuk yang di kewilayahan khususnya di Kecamatan Rote Barat Laut dilaksanakan oleh Puskesmas Busalangga, hari ini giliran Polsek dan nanti akan dilanjutkan di semua Instansi se-Kecamatan Rote Barat Laut. “ jelas Kapolsek.

Dalam kegiatan ini, Puskesmas Busalangga menerjunkan 2 orang petugas yang melaksanakan kegiatan Skrining dan pengambilan sampel darah, diantaranya Meiske Nalle dari bidang farmasi dan Marina Lenggu selaku perawat sekaligus penggelola HIV / AIDS di Puskesmas Busalangga.

Kegiatan diawali dengan paparan oleh petugas kesehatan tentang bahaya penyakit Syphilis dan HIV / AIDS serta akibat dan cara penyebaranya, selanjutnya kegiatan dilanjutkan dengan pengisian formulir data diri serta pengambilan sampel darah.

Tampak anggota dengan sabar dan tertib secara bergantian mengantri untuk diambil sampel darahnya termasuk Kapolsek.

Usai kegiatan, Kapolsek mengatakan bahwa sosialisasi dan screening ini dapat memberikan peringatan dini kepada kita semua tentang penyakit Syphilis dan HIV / AIDS, tak hanya itu sekaligus memberikan kesadaran akan pentingnya perilaku hidup sehat.

 “Pemeriksaan ini dilaksanakan untuk mengetahui sejak awal akan adanya penyakit Syphilis dan HIV / AIDS dalam diri kita, apabila nantinya dalam pemeriksaan ada yang hasilnya positif maka akan segera ditindak lanjuti sesuai dengan petunjuk dokter,” ujak Kapolsek.

Sebagai abdi negara yang bertugas untuk melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat personel Polri dalam pelaksanaan tugas dan tanggung jawabnya tentu bersentuhan langsung dengan masyarakat di lapangan, untuk itu setiap personel Polri harus dalam keadaan sehat jasmani dan rohani.