Bahas Isu Kejahatan Lintas Negara di wilayah ASEAN, Kapolri Kunjungi Labuan Bajo

Bahas Isu Kejahatan Lintas Negara di wilayah ASEAN, Kapolri Kunjungi Labuan Bajo

Tribratanewsntt.com - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, M.Si., beserta rombongan tiba dengan penuh semangat di Bandara Komodo, Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT), dalam rangka menghadiri ASEAN Ministerial Meeting on Transnational Crime (AMMTC) ke-17.

Kedatangan pada Jumat, 18 Agustus 2023 ini memiliki tujuan utama untuk membahas isu-isu kejahatan lintas negara di wilayah ASEAN.

Pertemuan yang dijadwalkan berlangsung mulai 20 hingga 23 Agustus 2023 ini akan diawali dengan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang akan memimpin diskusi mengenai sejumlah isu penting. Di antara isu-isu tersebut termasuk terorisme, perdagangan manusia, kejahatan dunia maya, penyelundupan senjata, perdagangan satwa liar, kayu ilegal, serta berbagai isu kejahatan transnasional lainnya yang memiliki dampak luas di wilayah ASEAN.

Dalam keterangannya sebelumnya, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengungkapkan, "Isu kejahatan transnasional yang dibahas di AMMTC ke-17 adalah terorisme, perdagangan orang, kejahatan dunia maya, penyelundupan senjata, perdagangan satwa liar dan kayu ilegal, perdagangan obat-obatan terlarang, pencucian uang, kejahatan ekonomi internasional, pembajakan laut, dan penyelundupan manusia."

Pertemuan AMMTC ke-17 ini merupakan kelanjutan dari pertemuan sebelumnya, AMMTC ke-16, yang diadakan pada September 2022. Kegiatan ini juga merupakan hasil dari hasil dari ASEAN Senior Officials Meeting on Transnational Crime (ASEAN SOMTC) ke-23 yang diadakan pada Juni 2023.

Partisipasi dalam AMMTC ke-17 tidak hanya terbatas pada negara-negara ASEAN. Acara ini akan dihadiri oleh 10 menteri negara ASEAN beserta delegasi mereka.

Selain itu, delegasi dari tiga mitra dialog - China, Jepang, dan Korea Selatan - juga akan turut serta. Tidak hanya itu, perwakilan dari Timor Leste akan hadir sebagai observer, bersama dengan Chairman Directors-General of Immigration Departments and Heads of Consular Affairs Divisions of the Ministries of Foreign Affairs (DGICM) dan Sekretaris Jenderal ASEAN.

Total peserta yang hadir dalam kegiatan ini mencapai 275 orang.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo tidak datang sendirian. Ia ditemani oleh beberapa pejabat tinggi Polri, antara lain Kabaharkam Polri Komjen Mohammad Fadil Imran, Kabaintelkam Polri Komjen Suntana, serta Irjen Sandi Nugroho yang menjabat sebagai Kadiv Humas Polri. Dalam rombongan ini juga hadir beberapa tokoh penting lainnya, seperti Kadiv TIK Polri, Kakorlantas Polri, Kapusdokkes Polri, dan Karojianstra Slog Polri. Selain itu, Asops Kapolri dan Asrena Kapolri juga turut serta dalam delegasi ini.

Kedatangan rombongan ini disambut dengan hangat oleh pimpinan TNI-Polri dan tokoh-tokoh terkait.

Pertemuan AMMTC ke-17 di Labuan Bajo ini diharapkan akan menghasilkan kerjasama yang lebih erat di antara negara-negara ASEAN dan mitra dialognya dalam upaya bersama untuk mengatasi tantangan kejahatan lintas negara yang semakin kompleks dan meresahkan di kawasan tersebut.