Beri Penghormatan Terakhir, Polres Belu Gelar Upacara Pemakaman Almarhum Peltu Purn.Yusuf Paulus Kotta

Beri Penghormatan Terakhir, Polres Belu Gelar Upacara Pemakaman Almarhum Peltu Purn.Yusuf Paulus Kotta

Kepolisian Resor Belu menggelar Upacara pemakaman Almarhum Pembantu Letnan Satu (Peltu) Purnawirawan, Yusuf Paulus Kotta, SH, kamis (21/7/2022).

Sebelum jenazah dimakamkan secara kedinasan Polri, rangkaian upacara diawali dengan penyerahan jenazah oleh keluarga kepada Inspektur Upacara, yang berlangsung di rumah duka, mangga dua, kelurahan Berdao, kecamatan Atambua Barat, kabupaten Belu.

Upacara penyerahan jenazah ini dipimpin Kapolres Belu, AKBP Yosep Krisbiyanto, S.I.K yang diwakili Kabag SDM, AKP Yunior T.M Duil, dengan komandan Upacara, Kaur Bin Ops Samapta, IPDA Asep Ruspendi.

Kapolres Belu dalam amanat singkatnya yang dibacakan Inspektur Upacara mengungkapkan, selama bertugas di Kepolisian hingga memasuki pensiun tahun 1992, Almarhum telah melaksanakan tugasnya secara baik dimanapun ia ditempatkan.

Lanjutnya, Almarhum yang memulai karir di kepolisian pada tahun 1964 ini, telah memberikan kesan dan penilaian yang sangat positif, begitu juga pandangan masyarakat terhadap Almarhum sangat baik, sehingga hal ini dapat menjadi suri tauladan bagi anggota Polri dan masyarakat.

“Selama aktif di kepolisian, Almarhum memiliki karir yang cukup baik. Almarhum adalah salah satu anggota Polri yang patut dihargai, dihormati, terutama melaksanakan tugas di Kepolisian dimanapun ia ditempatkan, karena memiliki dedikasi yang tinggi, loyalitas dan semangat kerja yang tinggi “ungkap Kabag SDM.

“Saya atas nama Pimpinan dan seluruh keluarga besar Polri Polres Belu serta Bhayangkari, menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya dan turut berduka cita yang sedalam-dalamnya atas berpulangnya Almarhum. Harapan dan doa Kami, semoga Arwah Almarhum dapat diterima di sisi Tuhan Yang Maha Kuasa sesuai dengan amal bhaktinya”harap Kabag SDM.

Menutup sambutannya, Irup berharap kiranya keluarga selalu mendapat penghiburan dan keteduhan iman dalam menata hidup sehari-harinya.

Pemakaman Almarhum, Peltu Purn.Yusuf Paulus Kotta, SH berlangsung di Tempat Pemakaman Umum Masmae, desa Naekasa, kecamatan Tasifeto Barat, kabupaten Belu.

Upacara secara kedinasan yang digelar sekitar pukul 13.45 wita, dipimpin Kapolres Belu yang diwakili Kasat Resnarkoba, AKP Syamsul Arifin, SH dengan komandan Upacara, Kasi Humas, IPDA Filomeno Soares.

Seluruh tamu undangan, memberikan penghormatan terakhir sebelum jenazah diturunkan ke liang lahat yang diiringi dengan tembakan Salvo oleh satu regu Dalmas Sat Samapta Polres Belu.

Upacara kedinasan Polri ini dihadiri sejumlah pejabat utama Polres Belu beserta anggota dan Bhayangkari, serta ratusan tamu undangan dari berbagai kalangan.

Untuk diketahui, Almarhum Peltu Purn.Yusuf Kotta, SH meninggal dunia pada hari selasa tanggal 19 juli 2022 sekitar pukul 09.20 Wita di RSUD Mgr. Gabriel Manek, SVD karena sakit.

Almarhum putra kelahiran Rote, 11 januari 1941, meninggalkan 1 orang istri, 8 orang anak, 25 orang cucu serta 3 orang cece.

Almarhum anak kedelapan dari delapan bersaudara, dari pasangan Almarhum Sadrak Kotta dan Almarhumah Wilhelmina Malelak, mengawali karirnya di kepolisian pada tahun 1964 dengan pangkat agen Polisi tingkat II (sekarang Bharada).

Mengecap berbagai jabatan di kepolisian, Almarhum memasuki pensiun tahun 1992 dengan jabatan terakhir sebagai Kaur Bin Ops Serse Polres Belu dan menyandang pangkat Pelda (sekarang AIPTU).