Beri Rasa Aman, Personel Polda NTT Amankan Ibadah Perjamuan Kudus di Kota Kupang

Beri Rasa Aman, Personel Polda NTT Amankan Ibadah Perjamuan Kudus di Kota Kupang

Tribratanewsntt.com – Sebanyak 345 personel dari Polda NTT dan Polresta Kupang Kota bersatu dalam Operasi Lilin Turangga 2023 untuk mengamankan peribadatan di puluhan gereja di Kota Kupang. Jumat, 29 Desember 2023

Kabidhumas Polda NTT, Kombes Pol. Ariasandy, S.I.K., menyampaikan bahwa pengamanan ini akan berlangsung hingga ibadah akhir tahun pada tanggal 31 Desember.

"Pengamanan ibadah perjamuan Kudus di gereja-gereja juga merupakan bagian dari persiapan untuk ibadah akhir tahun pada 31 Desember 2023," ujar Kombes Pol. Ariasandy, S.I.K.

Hari ini dan besok, personel gabungan Polda NTT fokus pada pengamanan kebaktian Perjamuan Kudus di beberapa Gereja Protestan di Kota Kupang. Pengamanan melibatkan pengaturan arus lalu-lintas sepanjang kegiatan, dimulai dari perjamuan kudus siang hingga malam hari, dengan beberapa gereja yang akan melaksanakan kegiatan pada keesokan harinya.

Menurut Kombes Pol. Ariasandy, pengamanan ini dilakukan untuk menciptakan rasa aman dan kondusif bagi ribuan jemaat yang berkumpul dari berbagai daerah.

"Tujuan pengamanan ini adalah memberikan jaminan rasa aman dan nyaman bagi umat yang melaksanakan ibadah serta melancarkan arus lalu lintas," jelasnya.

Pengamanan gereja tidak hanya melibatkan personel yang standby, tetapi juga dilakukan secara mobile dan sterilisasi oleh personel Brimob. Selain dari Polda NTT dan Polresta Kupang Kota, operasi ini juga melibatkan unsur-unsur dari TNI, ormas, tokoh agama, dan tokoh masyarakat.

Operasi Lilin Turangga, yang berlangsung selama 12 hari, melibatkan sekitar 3.867 personel Polda NTT dan stakeholder lainnya, tersebar di 59 Pos Pengamanan. Selain pengamanan gereja, operasi ini mencakup tempat-tempat wisata, pusat perbelanjaan, dan objek vital lainnya untuk menciptakan lingkungan yang aman selama perayaan Natal dan Tahun Baru.