Bersama Lawan Covid-19, Polda NTT Gelar Donor Darah Untuk Kemanusiaan

Bersama Lawan Covid-19, Polda NTT Gelar Donor Darah Untuk Kemanusiaan

Tribratanewsntt.com - Polri khususnya Polda NTT terpanggil untuk mendonorkan darahnya guna pemenuhan kebutuhan darah di NTT. Kegiatan mengusung tema "Polda NTT untuk kemanusiaan bersama melawan Covid-19" ini digelar di Loby Mapolda NTT, Kamis (9/4/2020) pagi.

Hal ini pun merupakan wujud implementasi Program Quick Wins Polri kegiatan 6 yakni, program Nawacita Presiden Jokowi, yang mana aparat Negara (Polisi) harus hadir ditengah-tengah masyarakat, sebagai pemrakarsa atau pembina revolusi mental serta sebagai pelopor/contoh tertib sosial di ruang publik. 

Ikut serta mendonorkan darahnya, Kapolda NTT Irjen Pol Drs. Hamidin dan para pejabat utama Polda NTT serta Anggota Polda NTT.

Kegiatan ini aman dilakukan karena tetap menerapkan physical distancing atau menjaga jarak fisik dan memberlakukan standar operasional prosedur kesehatan. Sehingga kegiatan donor darah saat wabah Corona covid-19 ini tetap dapat dilakukan.

Sebelum melakukan donor darah, petugas melakukan pengecekan suhu terhadap pendonor dengan menggunakan thermometer infrared dan peserta diwajibkan menggunakan masker dan hand sanitizer. Kemudian melakukan pendaftaran awal, selain itu petugas juga mengecek golongan darah peserta, hemoglobin, mengecek tensi darah peserta dan proses pengambilan darah.

Dalam kegiatan ini diikuti sebanyak 94 personel Polda NTT terdiri dari 93 personel Polki dan Satu personel Polwan. Dari hasil kegiatan tersebut, terkumpul 94 kantong darah dengan rincian golongan darah AB 6 kantong, golongan darah A 19 kantong dan golongan darah B 28 kantong serta golongan darah O sebanyak 41 kantong.