Bersinergi TNI POLRI Motivasi Para Petani di Alor Tingkatkan Ketehanan Pangan

Bersinergi TNI POLRI Motivasi Para Petani di Alor Tingkatkan Ketehanan Pangan

Tribratanewsntt.com - Pada Hari Selasa (16/2/2021), di Desa Air Mancur, Kecamatan Alor Timur Laut , Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur (NTT), kondisi di pagi itu tidak seperti biasanya, lahan garapan yang biasanya diolah para petani setempat diramaikan oleh empat Personel TNI - Polri yang ikut membantu penanaman bibit padi di lahan garapan warga yang luasnya kurang lebih 5 hektar.

Mereka adalah Aipda Mus Mulyadi Tallo, anggota Polsek Alor Timur dan tiga anggota Babinsa dari Kodim 1622 Alor yakni, Koptu Fransisko Dac.M, Prada Kris Maniata ,dan Prada Musa Glen Bauky.

Kegiatan tersebut memang sengaja diprogramkan untuk membantu mengoptimalkan lahan garapan dari para kelompok tani setempat sehingga hasil panen mereka bisa meningkat sekaligus membantu ketahanan pangan di Kabupaten Alor. Mengingat dimasa pandemi covid-19 yang melanda Indonesia saat ini tidak dapat diprediksi kapan akan berakhir.

Yang mana diharapkan dari kegiatan ini, warga masyarakat setempat sudah siap menghadapi bilamana terjadi kelangkaan pangan akibat resesi global.

Desa Air Mancur memang ditunjuk sebagai percontohan Kampung Tangguh di Kecamatan Alor Timur Laut, sebagai desa dalam penerapan protokol kesehatan serta tangguh dalam ketehanan pangan bagi desa-desa sekitar.

Kegiatan yang dilakukan itu adalah kegiatan menanam padi di Desa Air Mancurl,  dimana desa tersebut yang ditunjuk oleh Dandim 1622 Alor menjadi kampung tangguh untuk ketahanan pangan", jelas Kapolsek Alor Timur Laut Iptu Donny Sare, S.H. saat dikonfirmasi.

Diterangkan bahwa, selama ini Anggota Polsek Alor Timur Laut senantiasa bersinergi dengan Danposramil bersama dengan para Babinsa untuk memotivasi masyarakat Desa Air Mancur untuk kembali melakukan aktivias di sawah. Dan kegiatan tadi merupakan bentuk himbauan yang langsung dipraktekkan di lokasi persawahan.

"Ketahanan pangan merupakan salah satu bagian dari ketangguhan masyarakat selain bidang kesehatan, ekonomi dan keamanan yang merupakan metodologi membentuk sistem sinergitas dalam kampung tangguh", Tutup Kapolsek Alor Timur Laut.