Bidang Keuangan Polda NTT Gelar Rakernis Tahun Anggaran 2023

Bidang Keuangan Polda NTT Gelar Rakernis Tahun Anggaran 2023

Tribratanewsntt.com - Bidang Keuangan (Bidkeu) Polda NTT menggelar Rapat Kerja Teknis (Rakernis) tingkat Polda NTT dan jajaran yang dilaksanakan di Sylvia Hotel Kupang, Jumat (16/3/2023).

Kegiatan yang dibuka oleh Kabidkeu Polda NTT, Kombes Pol. Widada, S.Pd, dihadiri seluruh pengembangan fungsi keuangan atau bendahara serta operator satuan kerja Polda NTT dan Polres jajaran.

Kegiatan ini juga menghadirkan narasumber dari pihak Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi NTT, KPPN Kupang, KPP Pratama Kupang dan pihak perbankan yakni dari BRI dan BNI.

Adapun tema yang diangkat pada Rakernis ini yakni, "Bidang Keuangan Polda NTT siap melaksanakan pengelolaan keuangan yang Presisi dalam mengawal tahapan Pemilu dan Pilkada serentak tahun 2024".

 Saat membuka kegiatan, Kabidkeu Polda NTT menyamapiakan bahwa, penyelenggaraan Rakernis Fungsi Keuangan Polda NTT tahun anggaran 2023 ini dalam rangka untuk mewujudkan pengelolaan keuangan yang profesional, transparan dan akuntabel di lingkungan Polda NTT, maka perlu didukung dengan sumberdaya manusia yang profesional, sarana dan prasarana yang memadai serta meningkatkan fungsi verifikasi sehingga dapat mereduksi terjadinya kesalahan dan penyimpangan dalam pelaksanaan anggaran.

"Hal ini sesuai dengan peraturan Menteri Keuangan nomor: 178/PMK.05/2018 tentang perubahan atas peraturan Menteri Keuangan nomor: 190/PMK.05/2012 tentang tata cara pembayaran dalam rangka pelaksanaan anggaran pendapatan dan belanja negara", terang Kombes Pol. Widada, S.Pd.

"Dua minggu yang lalu juga telah dilaksanakan Rakernis Fungsi Keuangan Polri tingkat pusat yang berlangsung di Yogyakarta pada tanggal 28 Februari s/d 03 Maret 2023", tambahnya.

Dikatakannya, dalam pelaksanaan Rakernis Fungsi Keuangan Polri tahun 2023 telah disajikan beberapa materi yang dipaparkan oleh para narasumber dan juga diskusi yang mana dapat menambah referensi informasi untuk dijadikan pedoman dan motifasi dalam pelaksanaan tugas pada satker di daerah antara lain, implementasi program bantuan tunai pedagang kaki lima dan warung (BKPTLW) Kota Probolinggo di masa pandemi covid-19 dan tentang mekanisme hibah terkait dana Pemilu dan Pilkada serentak T.A. 2024 bersumber dari APBD.

Selanjutnya tentang register hibah langsung dan penggunaan e-register sehati, berikutnya tentang realisasi anggaran Polri tahun 2022 dan nilai kinerja anggaran Polri, kemudian tentang mekanisme pelaksanaan transformasi digital pertanggungjawaban keuangan atas pengelolaan belanja barang dan modal di lingkungan Polri dan tentang Nivellering jabatan pada puskeu Polri serta tentang SI-ABK Presisi.

Kepada peserta, Kabidkeu Polda NTT berharap agar dapat mengikuti dan memanfaatkan sebaik-baiknya dalam kegiatan Rakernis ini.

"Saya berharap agar dalam kegiatan ini dapat dimanfaatkan sebagai wadah penyampaikan kebijakan pimpinan polri dari hasil kegiatan rakernis fungsi keuangan serta evaluasi berbagai permasalahan melaui inventarisasi kelemahan yang ada, sehingga dapat segera diperbaiki melalui upaya konstruktif agar kinerja pelaksanaan anggaran tahun anggaran 2023 dapat ditingkatkan untuk mendapatkan nilai IKPA yang tinggi", harapnya..

"Saya selaku Kabidkeu Polda NTT mewakili pimpinan Polri Polda NTT, mengucapkan terima kasih atas segala dukungan dan kerja sama, khususnya kepada kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi NTT, Kepala KPPN Kupang, Kepala KPP Pratama Kupang dan Pimpinan BRI, BNI, serta para pihak lainnya yang telah membantu terselenggaranya acara rakernis ini", pungkas Kabidkeu.