Bripka Paulus Bura: Pengawal Setia di Tengah Erupsi Lewotobi

Bripka Paulus Bura: Pengawal Setia di Tengah Erupsi Lewotobi

Tribratanewsntt.com - Dalam pusaran erupsi Gunung Lewotobi, ada seorang pahlawan tak dikenal yang tanpa ragu merentangkan bantuan dan keamanan untuk warga pengungsi. Bripka Paulus Bura, Anggota Polsek Wulanggitang, Polres Flores Timur, menjelma menjadi pengawal setia bagi mereka yang terdampak.

Hingga hari ke-22 pasca pengungsian dimulai, Bripka Paulus Bura, yang sering dipanggil warga Om Pol Ipong ini jarang pulang ke rumah, memilih melayani tanpa kenal lelah di berbagai lokasi pengungsian. Sebagai Kapospol Ile Bura, ia menjadi sosok yang selalu ada, baik siang maupun malam, memastikan kebutuhan logistik, kesehatan, dan keamanan warga terpenuhi.

Salah satu, warga pengungsi dari Desa Nurabelen, tidak bisa menyembunyikan rasa terima kasihnya, "Pak Polisi ini selalu datang lihat kami. Kalau kami kekurangan beras atau sayur, beliau selalu datang antar untuk kami." Kisah ini menjadi semakin menyentuh karena ia telah bermalam di desa sebelumnya, menjelang erupsi, untuk memastikan persiapan dan keselamatan warga.

Bripka Paulus Bura sendiri saat dihubungi pada Selasa (23/1/2024) menjelaskan, "Saya tidak tenang di rumah Kalau saya punya masyarakat binaan Di pengungsian tidak bisa tidur Saya juga tidak bisa tenang jika kebutuhan mereka tidak Terlayani dengan baik di posko pengungsian". Dedikasinya bukan sekadar tugas, melainkan panggilan hati yang membuktikan bahwa seorang polisi bisa menjadi pahlawan di tengah bencana alam, membawa sinar harapan bagi mereka yang membutuhkan.