Buka Rakernis Fungsi Binmas, Dirbinmas Polda NTT Ingatkan Para Kasatbinmas Agar Menjaga Kepercayaan yang Telah Diberikan Polri dan Pemerintah

Buka Rakernis Fungsi Binmas, Dirbinmas Polda NTT Ingatkan Para Kasatbinmas Agar Menjaga Kepercayaan yang Telah Diberikan Polri dan Pemerintah

Tribratanewsntt.com - Direktorat Binmas Polda NTT gelar rapat kerja teknis (Rakernis) fungsi Binmas tahun 2021. Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Hotel Silfia Kota Kupang ini dibuka oleh Dirbinmas Polda NTT Kombes Pol Drs. Taufiq Tri Atmojo.

Rakernis ini mengangkat tema "Mewujudkan rasa aman masyarakat dan kehidupan sosial yang tertib menuju Polri yang presisi dalam upaya penanggulangan pandemi covid-19".

Rakernis ini sendiri diikuti oleh para Kasatbinmas Polres jajaran, para kanitbinmas Polres Kupang dan Polres Kupang Kota dan Staf Binmas Ditpolairud Polda NTT serta dilaksanakan selama tiga hari yakni, tanggal 22 hingga 24 November 2021.

Dirbinmas Polda NTT Kombes Pol Drs. Taufiq Tri Atmojo menyampaikan bahwa, Rakernis ini merupakan upaya untuk menyamakan persepsi terhadap kebijakan Pemerintah maupun kebijakan Polri termasuk kesamaan program sebagai acuan bagi Binmas dalam pelaksanan tugas ke depan.

Salah satunya terkait peran Binmas dalam penanganan Pandemi covid-19 termasuk para Bhabinkamtibmas yang dilibatkan sebagai Tracer maupun tugas lainya yang selama ini tidak pernah terpikirkan.

"Selama dua tahun ini, kita disibukan dengan suatu kegiatan-kegiatan yang tidak pernah terencana sebelumnya seperti kita dilibatkan dalam pengarahan massa untuk ke tempat-tempat pusat vaksinasi. Kemudian diperintahkan kepada Bhabinkamtibmas selaku Tracer covid-19, apa hubungannya, tetapi di situlah negara membutuhkan tenaga kita", jelas Kombes Pol Drs. Taufiq Tri Atmojo

"Itulah kondisi kita selama ini, bahwa selama dua tahun ini tidak bisa kita bayangkan kegiatan binmas itu justru beralih tadinya door to door sytem Bhabinkamtibmas melaksanakan itu problem solving dan seterusnya dialihkan atau juga melaksanakan kegiatan-kegiatan yang selama ini tidak pernah terpikirkan", tambahnya.

Dikatakannya, Binmas saat ini menjadi tulang punggung Polri dan juga pemerintah, banyak pekerjaan yang diserahkan kepada Binmas, mulai sebagai tracer dan sebagai penyalur bantuan sosial.

"Kenapa ada dinas sosial, ada menteri sosial, kok masih juga menggunakan Polri untuk menyalurkan dan bantuan sosial. Kembali lagi karena kepercayaan, pemerintah percaya sekali kepada Polri untuk bisa menyalurkan bantuan -bantuan dari negara ini kepada masyarakat melalui Polri", ujar Dirbinmas Polda NTT.

"Jadi kepercayaan itu tolong betul-betul dijaga", lanjutnya.

Dalam kegiatan Rakernis inI, Dirbinmas Polda NTT menyampaikan juga bahwa akan dirangkai dengan kegiatan pengukuhan ketua dan pengurus Kelompok Sadar (Pokdar) Kamtibmas NTT.

"Jadi seluruh Polda sudah melaksanakan tinggal beberapa Polda yang belum termasuk kita (Polda NTT), dimana besok (Selasa 23 November) akan dilantik oleh Kapolda NTT", terangnya.

Pada kesempatan ini, Dirmbinmas juga mengimbau para peserta untuk tetap menerapkan protokol kesehatan selama pelaksanan rakernis.

Ia juga berharap kegiatan ini dapat dijadikan sebagai momen untuk saling mengenal dan bertukar pikiran terkait program-program yang dijalankan di kewilayahan.

"Ini adalah kegiatan dari kita untuk kita dalam proses menyelesaikan berbagai permasalahan yang selama ini ada", pungkasnya.