Ciptakan Kondisi Aman Jelang Pemilu 2024, Regu Dua OMB Gelar Patroli Dialogis di Berbagai Parpol di Kota Kupang

Ciptakan Kondisi Aman Jelang Pemilu 2024, Regu Dua OMB Gelar Patroli Dialogis di Berbagai Parpol di Kota Kupang

Tribratanewsntt.com - Pada Kamis (2/11/2023) malam, Tim Patroli Dialogis Cipta Kondisi dalam rangka Operasi Mantap Brata (OMB) Turangga 2023-2024 dipimpin oleh Kompol Herman Nelson Lona, S.H., Kasubdit Bintibsos Ditbinmas Polda NTT, meluncur ke jalan-jalan Kota Kupang.

Tim ini terdiri dari 41 personel gabungan yang terbagi dalam berbagai satuan tugas, termasuk Satgas Preemtif, Satgas Preventif, Satgas Objek Kegiatan, Satgas Objek Penting Pemilu, Satgas Sterilisasi, dan lainnya.

Patroli Dialogis Cipta Kondisi adalah kegiatan yang dilakukan oleh aparat kepolisian atau tim keamanan dengan tujuan menjaga dan menciptakan kondisi aman serta kondusif menjelang pelaksanaan pemilu.

Kegiatan ini melibatkan interaksi dan dialog antara petugas keamanan dengan berbagai pihak terkait, seperti partai politik, lembaga pemilihan, dan masyarakat umum.

Mereka menjalankan kegiatan Patroli dengan dukungan 9 unit kendaraan dinas R4, termasuk 3 Unit Sedan PJR Patroli Lantas Polda NTT, 1 Unit Bus Sabhara Polda NTT, 1 Unit R4 Binmas Polda NTT, 1 Unit R4 Biddokes Polda NTT, 2 Unit R4 Hilux Sat Brimobda NTT, dan 1 Unit R4 Hilux Bidhumas Polda NTT.

Kegiatan dimulai dengan apel pengecekan anggota patroli dan berlanjut ke sejumlah lokasi strategis di Kota Kupang. Mereka melakukan kunjungan ke Kantor KPU Provinsi NTT, Kantor Bawaslu Provinsi NTT, serta beberapa kantor partai politik seperti GELORA, PKS, PKN, HANURA, GARUDA, dan PAN.

Setiap kunjungan ke lokasi tersebut dilakukan dengan penuh ketertiban dan kedisiplinan, menerima sambutan dari perwakilan setiap partai politik atau lembaga terkait.

Tujuan utama dari kegiatan Patroli Dialogis Cipta Kondisi adalah untuk menciptakan kondisi yang aman dan kondusif menjelang Pemilu 2024. Operasi Mantap Brata Turangga 2023-2024 menjadi landasan penting dalam upaya memastikan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat di wilayah ini.

Kompol Herman Nelson Lona, S.H., yang memimpin kegiatan regu II ini, menjelaskan bahwa operasi ini adalah upaya serius dalam menjaga keamanan dan memastikan kelancaran pemilu mendatang.

"Kegiatan Patroli Operasi Mantap Brata Turangga 2023-2024 tersebut bertujuan  menciptakan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif", ucapnya.

Tim Patroli Dialogis Cipta Kondisi siap berperan aktif dalam menjaga kondisi aman dan mendukung penyelenggaraan pemilu yang transparan dan adil di wilayah NTT.