Dinilai berhasil, Kabag Ops Polres Belu diberi Kenaikan Pangkat Luar Biasa

Dinilai berhasil, Kabag Ops Polres Belu diberi Kenaikan Pangkat Luar Biasa

Tribratanewsntt.com,- Bertepatan dengan perayaan hari Bhayangkara ke 73 ini, Kompol Apolinario Da Silva, S.H., Kabag Ops Polres Belu mendapat penghargaan dari Kapolri, Jenderal Pol. Tito Karnavian.

Kompol Apolinario Da Silva, S.H. diberikan penghargaan berupa kenaikan pangkat luar biasa (KPLB) dari ajun komisaris polisi (AKP) menjadi komisaris polisi (Kompol).

Kini pangkat bunga melati satu terpasang dipundak nya. Apolinario sendiri akan memasuki masa pensiun pada 1 April 2020 mendatang.

IMG-20190710-WA0011

Penghargaan ini tertuang dalam keputusan Kapolri nomor Kep/39/I/2019 tentang pemberian penghargaan kepada anggota Polri yang berprestasi dan warga negara Indonesia (WNI) yang membantu tugas kepolisian dalam rangka memajukan Polri.

Kompol Apolinario Da Silva, SH, Kabag Ops Polres Belu Polda NTT diberikan penghargaan dinilai berprestasi memberikan dedikasi secara terus menerus dari tahun 1999 sampai saat ini.

Penghargaan ini diberikan terutama dalam penanganan kasus pelucutan senjata para milisi Timor-Timur.

Juga penanganan kasus berskala nasional dan internasional diantaranya pelucutan ratusan senjata api mantan milisi, pengungkapan kasus pembunuhan tiga staf UNHCR peace keeping forces New Zealand.

Ia juga berhasil menangkap dipersembunyiannya di Atambua Nurobo Kabupaten Belu, dua pelaku percobaan pembunuhan presiden Timor Leste Ramos Horta pada tahun 2010 lalu.

"Kapolri memberikan penghargaan berupa kenaikan pangkat luar biasa (KPLB) dari AKP menjadi Kompol," demikian bunyi keputusan yang dibacakan di sela-sela upacara HUT Bhayangkara ke 73 tahun 2019 tingkat Polres Belu di pesisir pantai Motaain Desa Silawan Kecamatan Tasifeto Timur Kabupaten Belu Provinsi NTT, Rabu (10/7/19).

Kapolres Belu, AKBP Christian Tobing, SIK MSi menyerahkan penghargaan Kapolri tersebut kepada Apolionario Da Silva.

Selanjutnya mulai pekan ini, Kompol Apolionario Da Silva, S.H. akan meninggalkan kesatuan Polres Belu dan memulai tugas baru sebagai Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Belu.

Kepada media, Kompol Apolionario Da Silva, S.H. mengaku tidak menyangka akan mendapatkan perhargaan tersebut.

"Saya melakukan tugas sesuai fungsi yang ada," tandas mantan Kasat Lantas Polres Belu ini.

Ia berharap para anggota Polres Belu yang karier nya masih panjang bisa berbuat hal positif dan senantiasa menjadi mitra yang baik dengan masyarakat.

Ia berterima kasih kepada Kapolri, Kapolda NTT dan Kapolres Belu atas perhatian dan kerjasama selama bertugas di institusi Polres Belu dan Polda NTT.

"Saya berharap adik-adik anggota Polres Belu terus melanjutkan perjuangan dan tugas selaku anggota Polri terutama dalam memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat," pungkasnya. (*/N)