Distribusi Bansos Rastra, Bhabinkamtibmas Desa Bangkoor Lakukan Pengamanan dan pengawasan

Distribusi Bansos Rastra, Bhabinkamtibmas Desa Bangkoor Lakukan Pengamanan dan pengawasan

Tribratanewsntt.com - Personel Bhabinkamtibmas Desa Bangkoor, Polres Sikka Brigpol Soalihin melakukan pengamanan dan pengawasan distribusi kegiatan bantuan sosial (bansos) berupa penyaluran Beras Sejahtera (Rastra) di aula Kantor Desa Bangkoor, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT), Kamis (28/3/2019) kemarin.

Kegiatan pembagian diawali dengan pengecekan daftar nama warga penerima rastra oleh petugas Koordinator Rastra agar tepat sasaran dan tidak ada penyimpangan.

Bhabinkamtibmas Desa Bangkoor saat dikonfirmasi oleh Humas Polda NTT, Jumat (29/3/2019) pagi mengatakan kegiatan pengamanan dan pengawasan Bansos oleh Polri ini menindak lanjuti MOU Kapolri bersama Kemensos RI dalam rangka mengawasi aliran Bansos dari pusat ke daerah. Dari MOU tersebut kemudian Polri membentuk Satgas Bansos yang tugasnya memantau, mengawasi dan menegakkan hukum bila ada indikasi adanya penyimpangan.

"Adapun jumlah Rastra yang disalurkan kepada 209 kepala keluarga (kk) sebanyak 4180 kg  dan perkarung beratnya 10 kg, dibagikan per KK sebanyak dua karung 20 kg selama dua Bulan kedepan mulai dari bulan Maret hingga April 2019", ujar Brigpol Soalihin.

"Kepada petugas agar tidak boleh melakukan pungutan kepada bantuan yang diberikan kepada warga Pemanfaat", tegasnya.

Dalam kesempatan itu, Kepala Desa Bangkoor Asimundus Abdon dan Kasi Kesejahteraan Kosmin Rudiyanto menyampaikan bahwa Pembagiaan Rastra tersebut sudah disampaikan kepada kk penerima melalui para Kepala Dusun se Desa Bangkoor.

Untuk diketahui bahwa, pengamanan dan juga pengawasan oleh Polri tidak hanya Bansos berupa Rastra saja, tapi berlaku kepada seluruh bantuan sosial masyarakat, mulai dari program keluarga harapan (PKH), hingga Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT). (G)