DRAMATIS;PENYELAMATAN HEWAN LANGKA PENYU BELIMBING

DRAMATIS;PENYELAMATAN HEWAN LANGKA PENYU BELIMBING

Tribratanewsntt.com - Penyelamatan hewan langka berupa penyu belimbing di pesisir pantai Sossadale, Desa Nggodimeda, Kecamatan Rote Tengah berlangsung dramatis.

Penyu berukuran panjang 205 cm dan lebar 110 cm dengan berat mencapai 100 kg tersebut berhasil diselamatkan oleh personel Polsek Rote Tengah bersama Satuan Polair Polres Rote Ndao dan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Propinsi Nusa Tenggara Timur, Kamis (13/06/2019).

Penyelataman berlangsung dramatis karena kondisi penyu yang sempat menurun. Pasalnya penyu tersebut telah berada di pesisir pantai sejak sehari sebelumnya.

Kasat Polair Polres Rote Ndao Ipda Yosef S. Soloilur mengatakan bahwa saat ini pihaknya tengah berusaha untuk mengembalikan kondisi penyu sehingga dapat dilepaskan kembali ke laut.

“ Saat ini personel Sat Polair, Polsek Rote Tengah dan dibantu oleh BKSDA propinsi tengah intensif mengecek kesehatan penyu tersebut, kita harapkan kondisi penyu baik-baik saja, sehingga penyu tersebut dapat kita lepas kembali ke habitanya “ ungkap Ipda Yosef.

Sebelumnya penemuan penyu belimbing tersebut dari laporan warga atas nama Markus Brama, 47thn, dimana pada hari Rabu 12/06 pukul 18.10 Wita dirinya pergi melaut untuk mencari ikan di sekitar pantai Sosadale, Kecamatan Rote Tengah. Menurutnya sekitar pukul 05.15 Wita,  dia melempar pukat dan secara tidak sengaja mengenai penyu dan tersangkut, untuk melepas dan menyelematkan penyu Markus kemudian membawa penyu tersebut ke pesisir pantai untuk membuka/mengeluarkan penyu dari tali pukat yg melingkar di penyu tersebut.

Saat ini penyu langka tersebut telah dilepas liar kembali ke habitanya setelah pihak dari BKSDA Propinsi NTT memberikan label.