Gelar Rakernis Bidang Logistik, Karolog Polda NTT : Penting sebagai Momentum Konsolidasi dan Koordinasi

Gelar Rakernis Bidang Logistik, Karolog Polda NTT : Penting sebagai Momentum Konsolidasi dan Koordinasi

Tribratanewsntt.com - Biro Logistik Polda NTT gelar Rapat Kerja Teknis (Rakernis) bidang Logistik tahun 2023. Kegiatan yang dilaksanakan di Hotel Sylvia Kupang ini dibuka oleh Karolog Polda NTT Kombes Pol Drs. Dharu Siswanto, Senin (20/3/2023).

Kegiatan Rakernis ini mengambil tema " Logistik Polri yang Presisi siap mengawal tahapan Pemilu 2024, serta mengamankan agenda Nasional dan Internasional 2023 dalam rangka mendukung peningkatan produktifitas untuk transformasi yang inklusif dan berkelanjutan".

Hadir mengikuti Rakernis ini, para Kabag jajaran biro Logistik Polda NTT, para Kasubbagrenmin dan operator jajaran, para Kabaglog dan operator Polres jajaran polda NTT dan para Perwira, Bintara serta PNS Polri.

Karolog Polda NTT menyampaikan bahwa kegiatan ini penting sebagai momentum konsolidasi dan koordinasi terkait bidang tugas logistik jajaran dan fungsi Subbagrenmin untuk Satker Mapolda.

Dikatakannya, sejak terbentuknya bagian logistik khususnya polres jajaran, maka beban tugas dan tanggung jawab semakin besar, yang sebelumnya Subbaglog dibawah struktur Bagsumda Polres.

"Baglog Polres membawahi 2 Subbag yakni, subbag Bekpal dan Subbag Faskon, yang tentunya beban tugas semakin besar mengingat keterbatasan personil yang membidangi fungsi logistik di jajaran", kata Kombes Pol Drs. Dharu Siswanto.

Lanjutnya, dalam pelaksanaan tugas, tentunya banyak ditemui kendala dan hambatan, untuk itu agar selalu berkoordinasi dengan Birolog Polda,  untuk masing-masing bagian.

Menurutnya, meski masih ditemui banyak keterbatasan, fungsi logistik tetap semangat dalam pelaksanaan tugas rutin, hindari hal-hal yang dapat merugikan institusi maupun pribadi, agar logistik semakin baik, logistik yang semakin tanggap dan tregginas.

"Logistik tidak dapat memenangkan pertempuran, tanpa logistik pertempuran tidak dapat dimenangkan", ujar Karolog Polda NTT.

Disampaikqn juga bahwa, dukungan bidang logistik sangat strategis terutama dalam menghadapi tahun politik demi menyukseskan penyelenggaraan Pemilu (presiden, legislatif dan kepala daerah) yang tahapannya sudah dimulai pada tahun 2023 dan puncaknya pada tahun 2024.

"Selain tugas dan tantangan besar di atas, pada kesempatan ini, perlu saya ingatkan bagi satker yang mengelola belanja modal gedung dan bangunan tahun anggaran 2023 yang bersumber dari dana rupiah murni, PNP maupun SBSN, yakni Polres Malaka, Polres Sabu Raijua, Polres Alor, Polres Manggarai Barat dan Polres Rote Ndao", jelasnya.
 
Ia berharap dalam pelaksanaannya agar memperhatikan tahapan proses sejak perencanaan, pelaksanaan maupun pengawasan hingga serah terima pekerjaan.

"Terkait hal tersebut agar para pengemban fungsi logistik selaku pengawas internal membantu dan mendukung Kasatker/PPK dalam pelaksanaannya sehingga tepat mutu, tepat waktu dan tepat manfaat sehingga tidak menimbulkan permasalahan di kemudian hari", harapnya.

"Maksimalkan pengawasan  dan  pengendalian  pelaksanaan 
pekerjaan baik administrasi maupun fisik serta identifikasi berbagai permasalahan dan kendala yang ditemui agar dapat ditentukan solusi penyelesaiannya", pungkas Karolog Polda NTT.