Hari ke-3 Lat Pra Ops Semana Santa Turangga 2017, Anggota Polres Belu Gelar TP-TKP Laka Lantas

Hari ke-3 Lat Pra Ops Semana Santa Turangga 2017, Anggota Polres Belu Gelar TP-TKP Laka Lantas

Tribratanewsntt.com – Memasuki hari ke-3 latihan pra Operasi Semana Santa Turangga 2017, Selasa (4-4-2017), dua satuan fungsi yang terlibat dalam operasi Semana Santa yakni dari Satuan Fungsi Sabhara dan Lantas, menggelar pelatihan penanganan Tindakan Pertama Tempat Kejadian Perkara (TP-TKP) Laka Lantas.

Latihan penanganan TP-TKP laka lantas digelar di halaman Mapolres Belu. Sebuah skenario ringan dihadirkan dalam latihan ini, berawal dari peristiwa laka lantas yang melibatkan sepeda motor, kemudian datang anggota Sat Lantas dan Sabhara melakukan pertolongan kepada korban, Pengamanan TKP Laka, Pengolahan TKP dan Pengukuran TKP Laka Lantas, Pemotretan di TKP hingga penggambaran sketsa TKP.

Latihan ini dipantau langsung oleh Kabag Ops Polres Belu AKP Apolinario Da Silva, SH, yang didampingi Kasat Sabhara Polres Belu Akp Mikael Kaka dan KBO Lantas Ipda Ketut Karnawa, SH.

Kepada Humas, Kabag Ops Polres Belu selaku Kepala perencanaan & pengendali operasi (Karendal Ops) mengatakan latihan ini adalah untuk mengetahui sejauh mana kemampuan yang dimiliki anggota dalam melakukan TP-TKP secara cepat dan benar.

“Dengan adanya kegiatan ini, Kita berharap para peserta pelatihan mampu cepat tanggap dalam mendatangi TKP, bisa melaksanakan TP-TKP dengan cepat, tepat dan benar serta bagaimana cara mengamankan tersangka,korban dan barang bukti. Semua harus sesuai dengan SOP”ungkap Kabag Ops.

Untuk diketahui, Lat Pra Ops ini digelar selama 3 hari yakni pada tanggal 2 s/d 4 April 2017 sementara Operasi Semana Santa ini sendiri akan dilaksanakan selama 15 hari terhitung dari tanggal 5 s/d 19 April 2017.