Jaga Stamina Tubuh, Kapolda Bersama Pejabat Utama Polda NTT Ikuti Tes Kesamaptaan Jasmani

Jaga Stamina Tubuh, Kapolda Bersama Pejabat Utama Polda NTT Ikuti Tes Kesamaptaan Jasmani
Kapolda bersama PJU Polda NTT melakukan lari 12 menit di Lapangan Mapolda NTT

Tribratanewsntt.com - Kapolda NTT Irjen Pol. Drs. Setyo Budiyanto, S.H., M.H., bersama para Pejabat Utama Polda NTT mengikuti kegiatan Tes Kesamaptaan jasmani (TKJ) semester I tahun 2022. Kegiatan ini digelar di lapangan Ricky Sitohang Mapolda NTT, Jumat (11/3/2022) pagi.

Sebelum mengikuti kegiatan tersebut, seluruh peserta kesamaptaan jasmani ini wajib melakukan pemeriksaan kesehatan terlebih dahulu oleh personel Biddokkes Polda NTT dengan tetap melakukan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

Selanjutnya dilakukan pemanasan ringan yang dipandu oleh Ps. Kasubbagrohjashor Bagwatpers Biro SDM AKP I Dewa Gede wiadnyana bersama tim dari Biro SDM Polda NTT.

Kapolda NTT mengatakan tujuan dilaksanakannya kesamaptaan jasmani ini antara lain untuk mengetahui kesiapan dan kondisi fisik anggota Polri secara berkala, karena tantangan Polri kedepan dalam menghadapi tugasnya sehari-hari sangat diperlukan kondisi fisik dan stamina yang prima.

"Kegiatan ini sendiri dilakukan dalam rangka untuk memastikan kesehatan Anggota dan ASN Polda NTT tetap terjaga sebagai bekal utama dalam memberikan berbagai pelayanan Kepolisian untuk masyarakat", ucap Irjen Pol. Drs. Setyo Budiyanto, S.H., M.H.

Selain itu, kegiatan ini salah satu faktor pendukung pengembangan karier personel Polri antara lain persyaratan untuk mengikuti Sespimen, Sespima, Sekolah Inspektur Polisi (SIP), Sekolah Alih Golongan (SAG) dan salah satu syarat dalam pengusulan kenaikan pangkat.

"Dengan jasmani yang kuat dan sehat, maka seluruh Personel Polda NTT akan mampu melayani masyarakat sebagaimana tugas pokok Polri sebagai pelindung, pengayom, dan pelayan masyarakat", tandasnya.

Tak hanya mengikuti kesamaptaan jasmani, Kapolda juga turut memantau jalannya pelaksanaan kegiatan tersebut.

Adapun pelaksanaan Tes Kesamaptaan Jasmani yang dilaksanakan seluruh personel terdiri dari beberapa tahapan yaitu, lari selama 12 menit, pull up, sit up, push up, dan shuttle run (lari membentuk angka 8).

Untuk diketahui, Tes Kesamaptaan Jasmani Berkala Semester I Tahun Angggaran 2022 ini wajib diikuti oleh seluruh personel Polda NTT yang dilaksanakan sejak dari tanggal 7 Maret sampai dengan 14 Maret 2022.