Jajaran Polda NTT Gelar Upacara Peringatan HUT RI ke 74

Jajaran Polda NTT Gelar Upacara Peringatan HUT RI ke 74

Tribratanewsntt.com ,- Jajaran Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Timur menggelar Upacara memperingati hari kemerdekaan RI ke 74 di Mapolda NTT, Sabtu (17/8/19) pagi.

Irwasda Polda NTT Kombes Pol. Drs. Tavip Yulianto, S.H., M.H., M.Si. bertindak selaku Inspektur Upacara.

Rangkaian kegiatan berlangsung dengan khitmad dan Pengibaran bendera Merah Putih sukses dikibarkan dilanjutkan dengan mengheningkan cipta untuk mengenang jasa-jasa para Pahlawan yang telah gugur dalam mempertahankan kemerdekaan RI.

Dalam amanat Kapolri yang dibacakan Irwasda Polda NTT mengatakan bahwa negara kesatuan RI merupakan negara yang besar, kaya akan sumber daya alam yang melimpah.

"Peringatan Hari Ulang Tahun ke-74 Kemerdekaan Indonesia, menjadi momentum bagi kita untuk bersyukur, atas seluruh karunia Tuhan Yang Maha Esa"Ujar Irwasda Polda NTT.

Lanjutnya, selain itu peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Indonesia juga menjadi momentum bagi kita untuk berterima kasih kepada seluruh pahlawan kusuma bangsa, atas seluruh perjuangan, pengabdian, dan pengorbanan, kepada masyarakat, bangsa dan negara.

"Dalam suasana yang penuh dengan semangat nasionalisme ini, kita juga harus menyadari bahwa tantangan ke depan akan semakin kompleks. Hal tersebut tidak dapat dipisahkan dari berbagai dinamika yang terjadi dalam tataran global, regional, maupun lokal"tambahnya.

Fenomena demokratisasi yang terjadi pada sebagian besar negara di dunia, telah mengubah tata kehidupan secara luas.

Hal tersebut ditandai dengan menguatnya peran legislatif dan media, serta penghormatan supremasi hukum dan HAM.

Demikian pula dengan fenomena globalisasi sebagai akibat pesatnya perkembangan teknologi dan informasi, tidak hanya memberi manfaat yang besar, namun juga membawa berbagai potensi gangguan yang harus kita antisipasi bersama.

Dalam Upacara Peringatan ke-73 Hari Bhayangkara Tahun 2019, Presiden Joko Widodo telah menyampaikan lima instruksi kepada institusi Polri. Salah satunya tentang peningkatan kualitas sumber daya manusia Polri.

Hal tersebut merupakan implementasi Agenda Pembangunan dalam rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024, yaitu “meningkatkan sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing”.

Secara lebih rinci, instruksi tersebut menjadi penjabaran Rencana Kerja Pemerintah Tahun 2020, yaitu “peningkatan sumber daya manusia untuk pertumbuhan berkualitas”.

Dengan terwujudnya sumber daya manusia yang unggul, maka Indonesia akan meraih kemajuan dan kesejahteraan, sebagaimana tema Peringatan Hari Ulang Tahun ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2019 ini. (N)