Wakapolda NTT Buka Kegiatan Sosialisasi dan Pelatihan Buku Saku HAM

Wakapolda NTT Buka Kegiatan Sosialisasi dan Pelatihan Buku Saku HAM

Tribratanewsntt.com,- Wakil Kepala Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Timur Brigjen Pol. Drs. Victor Gustaaf Manoppo, M.H. membuka kegiatan sosialisasi dan pelatihan buku saku HAM pagi tadi di Hotel Silvia Kupang, Selasa (23/10/18).

Sosialisasi buku saku dan pelatihan buku saku HAM ini diberikan kepada para perwira Serse, PA Tahti , PA Sabhara dan PA Brimob oleh Komnas HAM bekerja sama dengan Divkum Polri.

Dalam sambutannya Wakapolda NTT mengharapkan agar para peserta sosialisasi dapat lebih memahami Hak Asasi Manusia  yang dikaitkan dengan tugas pokok Polri,

"Pemahaman tentang Hak Asasi Manusia mutlak harus dikuasai oleh setiap anggota Polri, karena selain sebagai pelayan dan pelindung masyarakat, Polri juga sebagai penegak hukum yang mana tugas-tugas sebagai penegak hukum khususnya tugas upaya paksa sangat tipis bedanya antara melaksanakan tugas penegakan hukum dengan tindakan melanggara HAM" ujar Wakapolda.

Dengan bekal pemahaman yang baik materi HAM dalam tugas Polri, diharapkan tidak akan terjadi lagi atau minimal mengurangi tindakan Kepolisian melebihi batas kewenangan atau penyalahgunaan kewenangan yang dilakukan oleh anggota Polri.

Sosialisasi/pelatihan di Polda NTT ini dipimpin oleh Komisioner pendidikan dan penyuluhan Komnas HAM Bapak Beka Ulung Hapsara dan Kabag HAM Robankum Divkum Polri Kombes Pol. Drs. Setiyono, S.H. (N)