Jalin Sinergitas, Kapolda NTT Kunjungan Silaturahmi Dengan Ketua DPRD Provinsi NTT

Jalin Sinergitas, Kapolda NTT Kunjungan Silaturahmi Dengan Ketua DPRD Provinsi NTT

Tribratanewsntt.com - Kapolda NTT Irjen Pol. Drs. Lotharia Latif, S.H., M.Hum., melakukan kunjungan silaturahmi ke kantor DPRD Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) di Jalan Polisi Militer No.3, Oebobo, Kecamatan Oebobo, Kota Kupang, Selasa (3/11/2020).

Dalam kunjungan silaturahimnya, Kapolda NTT disambut oleh Protokol Setwan Ana liko. Selanjutnya dipersilahkan masuk dan diterima langsung oleh Ketua DPRD Provinsi NTT Ir. Emelia Julia Nomleni yang berlangsung dengan penuh keakraban dan santai di ruang rapat Ketua DPRD Provinsi NTT.

Ikut mendampingi Kapolda NTT, Dirintelkam Polda NTT Kombes Pol. Joudi A. Mailor, S.I.K., Dirreskrimum Polda NTT Kombes Pol. Eko Widodo, S.I.K., dan Kabidhumas Polda NTT Kombes Pol. Jo Bangun, S.Sos, S.I.K., sedangkan ketua DPRD Provinsi NTT didampingi oleh Wakil I Ketua DPRD Provinsi NTT Dr. Inche D. P. Sayuna, S.H., M.Hum., M.Kn.

Dalam kesempatan itu, Kapolda NTT menyampaikan ucapan terima kasih atas sambutannya dan selanjutnya menjelaskan maksud kunjungannya sebagai pejabat Kapolda NTT yang baru, untuk memperkenalkan diri dan silaturahmi juga mohon doa dan dukungan serta berkenan untuk diterima sebagai warga NTT khusunya.

Ia juga bersedia untuk dikoreksi agar dapat menjalankan amanah yang lebih baik dalam melayani masyarakat NTT dan siap mendukung program pembangunan yang ada di NTT baik skala Nasional maupun Internasional.

Kapolda NTT juga menyampaikan tiga hal yang menjadi konsen dan perhatian dari Polri di NTT yakni Pelaksanaan Pilkada Serentak di 9 Kabupaten di NTT, persoalan pandemi Covid-19 dan Kesiapan Provinsi NTT dimana pemerintah pusat yang mencanangkan Provinsi NTT sebagai Destinasi Wisata Super Prioritas.

Orang nomor satu di Polda NTT juga menjelaskan tentang perlunya penambahan kuota penerimaan personil terkait wilayah Polda NTT yang berupa kepulauan dikaitkan dengan presentase jumlah anggota Polri dan luas wilayah serta kebutuhan personil guna mendukung Labuan Bajo sebagai pariwisata super premium serta Polda NTT memiliki 21 Polres dari 22 Kebupaten/Kota yang ada di NTT.

Sesuai penjelasan Kapolda bahwa rasio di NTT cuman 43 persen dari kebutuhan yang ada untuk itu Kapolda NTT meminta dukungan dari DPRD Provinsi NTT untuk penembahan kuota penerimaan Bintara dan Tamtama Polri.

Menyangkut Kejahatan Konvensional yang masih menjadi atensi dalam penanganan termasuk kejahatan terhadap perempuan dan anak, Kapolda NTT menjelaskan bahwa Polda NTT telah membuat terobosan kreatif dengan meluncurkan program Women Care Day sebagai bentuk kepedulian terhadap kondisi yang dialami oleh perempuan yang rentan terhadap tindak kejahatan.

"Semua program yang telah dilakukan sudah sangat baik ini merupakan gerakan moral dari Polri dalam memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat. Serta Polri tetap mendukung saran dan kritikan yang membangun dalam rangka memberikan pelayanan kepada masyarakat", jelas Kapolda NTT Irjen Pol. Drs. Lotharia Latif, S.H., M.Hum.

Menyangkut masalah di Besipae, Kapolda menjelaskan kehadirannya disana semata-mata karena melihat dari sisi kemanusiaan dan ia berharap semua pihak saling berkerja sama. Dan memang masyarakat ada yang merasa bahwa mereka memiliki hak, tempulah melalui jalur dan proses hukum dengan tidak perlu melakukan konfrontasi yang mengakibatkan terjadi konflik horizontal di wilayah NTT. Serta Mengenai Omnibus Law / UU Cipta Kerja di kantor DPRD Provinsi NTT, Kapolda NTT memberikan apresiasi atas pelaksanaan aksi unjuk rasa yang berlangsung dengan aman dan tertib.

Dikesempatan yang sama, Ketua DPRD Provinsi NTT menyampaikan ucapan terimakasih atas kunjungan silaturahmi dari orang nomor satu di Polda NTT berserta jajarnya, iapun berharap sinergitas ini tetap dipertahankan dan ditingkatkan.

"Saya memberikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi kepada Kapolda NTT dan Jajaran selama ini yang telah mengelola situasi kamtibmas di NTT tetap kondusif, terutama selama masa Pandemi Covid-19", ucap Ketua DPRD Provinsi NTT.

"Kami juga siap mendukung upaya dan langkah langkah Polri dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat termasuk dalam upaya penegakan hukum", terangnya.

Pertemuan ini diakhiri dengan foto bersama dan bertukar cinderamata antara Kapolda NTT dan Ketua DPRD Provinsi NTT didampingi Wakil Ketua I DPRD Provinsi NTT berupa Plakat sebagai wujud tali silaturahmi dan keakraban.