Kabaharkam Polri Cek Langsung Gladi Simulasi Protokol Keselamatan dan Keamanan di DPSP Labuan Bajo

Kabaharkam Polri Cek Langsung Gladi Simulasi Protokol Keselamatan dan Keamanan di DPSP Labuan Bajo

Tribratanewsntt.com - Kabaharkam Polri Komjen Pol Drs. Agus Andrianto, S.H., M.H Cek langsung gladi simulasi Protokol Penanganan Keselamatan dan Keamanan di 5 DPSP Labuan Bajo, Selasa (10/11/2020) pagi.

Gladi ini merupakan persiapan dalam rangka Simulasi Protokol Keselamatan dan Keamanan di (DPSP) Labuan Bajo NTT yang akan digelar pada hari Kamis (12/11).

Kabaharkam Polri Komjen Pol Drs. Agus Andrianto, S.H., M.H menyampaikan bahwa, Simulasi Protokol Keselamatan dan Keamanan ini nantinya akan diterapkan sebagai role model bagi pengembangan pariwisata di daerah lain di Indonesia. 

"Ini juga bertujuan untuk memberikan kepastian atau jaminan kepada wisatawan yang akan berlibur", terang Komjen Pol Drs. Agus Andrianto, S.H., M.H.

Simulasi ini sendiri diprakarsai oleh Kementrian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi serta Kementrian Pariwisata Ekonomi Kreatif.

Hadir mendampingi Kabaharkam Polri dalam gladi ini, Kapolda NTT Irjen. Pol Drs. Lotharia Latif, S.H., M.Hum serta Kabasarnas, Kakorpolairut Baharkam Polri, Kakorsabhara Baharkam Polri, Dirpamovid Baharkam Polri, Dirpoludara Korpolairud Baharkam Polri, Dirpolair Korpolairud Baharkam Polri, sejumlah pejabat Utama Polda NTT dan Kapolres Manggarai Barat.

Dalam kegiatan ini, Kabaharkam Polri dan Kapolda NTT memantau langsung pelaksaanaan gladi simulasi ini tahap demi tahap guna memastikan kesiapan baik personel maupun sarana prasaran.

Adapun gladi simulasi yang dilakukan yakni, simulasi penyelamatan korban yang tenggelam di laut yang dilakukan oleh Tim SAR dengan menggunakan Helikopter.

Selain itu, juga dilakukan serangkaian simulasi pengamanan Rute dan dan pengamanan Lokasi yang dimulai dari Polres Manggarai Barat, Bandara Udara Komodo, Puncak Waringin, belok kanan penurunan/pertigaan kampung ujung, Hotel Ayana, Hotel Plataran Resor, balik kanan menuju penurunan kampung ujung, Hotel ayana, Kampung Air, Pertigaan Bank BNI, Lurus Cabang Pantai Pede, Belok Kiri Cabang Pede dan Finish di Pantai Pede.