Kapolda Bersama Forkopimda Ikuti Upacara Bendera Peringatan HUT RI ke-78 di Alun-alun Rumjab Gubernur NTT

Kapolda Bersama Forkopimda Ikuti Upacara Bendera Peringatan HUT RI ke-78 di Alun-alun Rumjab Gubernur NTT

Tribratanewsntt.com - Kapolda Nusa Tenggara Timur (NTT), Irjen Pol. Drs. Johni Asadoma, M.Hum.,  mengikuti upacara Bendera Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) yang ke-78. Upacara ini digelar dengan khidmat di Alun-alun Rumah Jabatan Gubernur NTT pada Kamis (17/8/2023) pagi.

Tampak Hadir juga Ketua Bhayangkari Daerah NTT Ny. Vera Cristina Sirait Asadoma, M.Sc., Wakapolda NTT, Brigjen Pol. Drs. Heri Sulistianto, serta para pejabat utama Polda NTT. Mereka bersama-sama memberikan penghormatan kepada Bendera Merah Putih yang dikibarkan dalam rangka memperingati kemerdekaan Indonesia.

Pelaksanaan upacara ini juga dihadiri oleh Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat, yang memimpin acara sebagai Inspektur Upacara. Turut hadir pula Wakil Gubernur NTT Josef Nai Soi, Ketua DPRD NTT, Kepala BNNP NTT, para Forkopimda NTT, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, dan sejumlah undangan lainnya.

Peserta upacara terdiri dari pasukan TNI-Polri, Satpol PP Provinsi NTT, dan staf dari berbagai Dinas Terkait Provinsi NTT. Dalam suasana khidmat, mereka bersama-sama mengamini semangat kemerdekaan dan tekad untuk terus mendorong kemajuan Indonesia.

Dalam tema peringatan HUT RI ke-78 ini, "Terus Melaju Untuk Indonesia Maju" diangkat sebagai tagline yang menggambarkan semangat untuk terus bergerak maju dalam mengembangkan bangsa.

Upacara dimulai dengan Pengibaran bendera Merah Putih sembari lagu kebangsaan Indonesia Raya berkumandang. Setelah itu, suasana hening dihadirkan sebagai bentuk penghormatan kepada para pahlawan dan perenungan atas arti kemerdekaan. Selanjutnya, pembacaan naskah Pancasila dan Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945 serta naskah proklamasi menjadi bagian dari rangkaian peringatan.

Rangkaian upacara yang penuh hikmah ini ditutup dengan persembahan lagu-lagu Nasional, dan tarian  tradisional daerah.