Kapolda NTT Hadiri Peresmian Inpres Jalan Daerah di Naioni oleh Presiden Jokowi

Kapolda NTT Hadiri Peresmian Inpres Jalan Daerah di Naioni oleh Presiden Jokowi

Tribratanewsntt.com – Kapolda NTT, Irjen Pol. Daniel Tahi Monang Silitonga, S.H., M.A., menghadiri acara peresmian Instruksi Presiden (Inpres) Jalan Daerah (IJD) di RT 8 RW 3, Kelurahan Naioni, Kecamatan Alak, Kota Kupang, Provinsi NTT, yang diresmikan langsung oleh Presiden RI, Joko Widodo, pada Selasa sore 1 Oktober 2024.

Dalam peresmian tersebut, Presiden Jokowi secara simbolis meresmikan jalan sepanjang 5,5 kilometer yang dibangun dengan anggaran dari APBN sebesar Rp 19,1 miliar. Jalan ini merupakan salah satu dari puluhan proyek infrastruktur jalan di NTT yang mendapatkan intervensi dari Pemerintah Pusat.

Presiden Jokowi mengungkapkan bahwa total ada 22 ruas jalan di Provinsi NTT dengan panjang keseluruhan mencapai 219,9 kilometer, yang telah diperbaiki menggunakan anggaran sebesar Rp 737 miliar. Proyek-proyek tersebut tersebar di 27 kabupaten/kota di NTT.

Beberapa ruas jalan lainnya yang telah selesai dikerjakan antara lain:

Jalan Nenuk - Dafala di Kabupaten Belu sepanjang 11 kilometer dengan biaya Rp 31,5 miliar,

 

Jalan Kapasiok - Ho di Kabupaten Rote Ndao sepanjang 10,5 kilometer dengan biaya Rp 38 miliar,

 

Jalan Mbatakapidu - Lukukamuru di Sumba Timur sepanjang 9 kilometer dengan anggaran Rp 22,7 miliar,

 

Jalan Benteng Jaya - Dampek di Kabupaten Manggarai Timur sepanjang 9,5 kilometer dengan biaya Rp 28,9 miliar,

 

Jalan Simpang Waikomo - Wulandoni di Kabupaten Lembata sepanjang 13 kilometer dengan anggaran Rp 39 miliar.


Presiden Jokowi menegaskan pentingnya infrastruktur jalan bagi masyarakat, khususnya untuk mendukung mobilitas orang dan barang, serta mempercepat pengiriman logistik.

"Infrastruktur jalan sangat penting bagi masyarakat untuk mobilitas orang dan barang serta mempercepat pengiriman logistik. Dengan anggaran sebesar itu, kita harapkan jalan-jalan yang diperbaiki kini mulus, tanpa lobang, dan bisa dinikmati oleh masyarakat," ujar Presiden Jokowi.

Kegiatan peresmian ini berjalan lancar dengan pengamanan ketat oleh gabungan personel TNI dan Polri yang tergabung dalam Satgas Pam VVIP. Pengamanan dipimpin langsung oleh Pangdam IX/Udayana, Mayjen TNI Muhammad Zamroni, S.I.P., dan Kapolda NTT, Irjen Pol. Daniel Tahi Monang Silitonga, S.H., M.A.