Kapolda NTT Harap Para Perserta Siapkan Diri Secara Maksimal Dalam Mengikuti Seleksi Penerimaan Terpadu Akpol dan Bintara Polri

Kapolda NTT Harap Para Perserta Siapkan Diri Secara Maksimal Dalam Mengikuti Seleksi Penerimaan Terpadu Akpol dan Bintara Polri

Tribratanewsntt.com - Kapolda NTT Irjen Pol Drs. Setyo Budiyanto, S.H., M.H., didampingi Wakapolda NTT Brigjen Pol. Drs. A. Kliment Dwikorjanto, M.Si., dan Karo SDM Polda NTT Kombes Pol. Ari Wahyu Widodo, S.I.K., memimpin kegiatan Pengambilan Sumpah dan Penandatanganan Pakta Integritas Seleksi Penerimaan Terpadu Anggota Polri (Akpol dan Bintara) Tahun Anggaran 2022, Kamis (14/4/2022) siang.

Kegiatan yang dilaksanakan di aula lantai 5 hotel Silvya Kupang ini juga dihadiri oleh Dirbinmas, Dirsamapta, Kabidpropam, Kabiddokkes, Ka SPN, Auditor Madya Tingkat III Polda NTT, Kasubdit Kesemapta Biddokkes Polda NTT, Kasubdit Watprof Bidpropam Polda NTT, Panitia Internal dan Eksternal Penerimaan Anggota Polri T.A. 2022, Perwakilan Orang Tua Casis dan Perwakilan Casis.

Pengambilan sumpah dan penandatanganan pakta integritas ini merupakan komitmen panitia seleksi dan peserta seleksi, jadi bukan hanya bersifat ceremonial belaka akan tetapi sebagai pertanggung jawaban moral guna mewujudkan pelaksanaan sistem seleksi yang baik dan transparan.

Dalam sambutan Kapolda NTT mengatakan bahwa pengambilan sumpah dan penandatanganan pakta integritas ini memiliki makna yang sangat penting dalam proses seleksi pendidikan, yang berpegang teguh pada prinsip clear and clean. Selain itu sebagai bentuk komitmen moral antara para peserta uji dan panitia untuk mewujudkan tata kelola seleksi yang transparan, akuntabel, efektif dan efisien, serta bebas dari KKN. Juga merupakan salah satu bentuk manifestasi hubungan manusia dengan Tuhan, yang mengandung konsekuensi yang wajib di pertanggungjawabkan di dunia dan di akhirat.

"Acara ini dilaksanakan sebagai bentuk komitmen kita bersama untuk mewujudkan sistem seleksi penerimaan terpadu Taruna/i Akpol dan Bintara Polri yang bersih, transparan, akuntabel, humanis, clear and clean serta bebas KKN sehingga nantinya diakhir proses seleksi akan didapatkan calon peserta Taruna/i Akpol dan Bintara Polri yang unggul, kompetitif dan bermoral di era police 4.0., hal ini sejalan dengan visi dan misi polri (tranformasi menuju polri yang presisi (prediktif, responsibilitas, transparansi berkeadilan)", ucap Kapolda NTT.

Pendaftaran secara online telah dibuka sejak tanggal 31 Maret sampai tanggal 16 April 2022. hingga hari ini kamis tgl 13 April, animo peserta seleksi penerimaan taruna/i Akpol dan Bintara Polri Polda NTT yang mendaftar secara online sebanyak 5.306 orang terdiri dari taruna/i akpol sebanyak 222 orang (pria: 159,    wanita: 63), dan bintara polri berjumlah 5.084 orang (pria: 4.170, wanita: 914).

Berdasarkan pengumuman kapolri: peng/ 20/iii/Dik.2.1./2022 tanggal 29 maret 2022 tentang penerimaan terpadu Bintara Polri gelombang II T.A. 2022 formasi yang dibutuhkan Polri antara lain, Bintara PTU, Bintara Brimob, Bakomsus Polair, Bakomsus TI, Bakomsus Tenaga Kesehatan, Bakomsus Musik, Bakomsus Labfor dan Bakomsus Logistik.

"Perlu diketahui oleh seluruh peserta seleksi taruna/i Akpol dan Bintara Polri T.A. 2022 bahwa tes kompetensi pengetahuan, tes psikologi akan dilaksanakan dengan computer assissted test (cat) sedangkan tes kesamaptaan jasmani dilaksanakan secara terbuka dan transparan. Proses seleksi ini menggunakan metode one day service yang artinya peserta dapat mengetahui hasil seleksi di hari yang sama", terangnya.

"Selain itu juga polda ntt bekerjasama dengan pihak-pihak terkait untuk bersama-sama mewujudkan proses seleksi yang bersih, transparan, akuntabel, dan humanis (Betah), antara lain pengawas internal (Itwasda dan Bidpropam), pengawas eksternal dari Assosiasi Jurnalis Indonesia (AJI), Idi Provinsi NTT, Diknas, Dukcapil, Himpsi", tambahnya.

Orang nomor satu di Polda NTT pun mengharapkan para peserta dapat menyiapkan diri sebaik-baiknya dalam mengikuti segala seleksi Penerimaan Terpadu Anggota Polri Akpol dan Bintara.

"Saya berharap para peserta seleksi penerimaan terpadu taruna/i Akpol dan Bintara Polri yang ada diruangan ini maupun yang sedang mengikuti melalui live streaming dapat mempersiapkan diri secara maksimal sehingga mendapatkan hasil seperti yang diharapkan", harapnya.

Dalam kesempatan itu juga, Kapolda menekankan kepada para peserta seleksi untuk selalu mempedomani protokol kesehatan dalam setiap tahapan seleksi. Hal ini untuk mencegah dan memutus mata rantai penyebaran covid-19;

"Kepada para panitia, pengawas internal dan pengawas eksternal agar terapkan prinsip betah dalam setiap tahapan, prinsip betah bukan hanya dijadikan slogan, namun dipegang teguh sebagai pedoman dalam pelaksanaan seleksi ini dan kepada peserta agar bekerjasama dan mendukung panitia serta pengawas untuk mewujudkan proses seleksi yang clean and clear sehingga Polda NTT dapat menghasilkan calon taruna/i Akpol dan Bintara polri yang berintegritas", tegasnya.

Diakhir sambutannya, Kapolda NTT juga mengucapkan terima kasih kepada Karo SDM polda NTT selaku ketua panitia pelaksana seleksi penerimaan terpadu Taruna/i Akpol dan Bintara Polri T.A. 2022 panda Polda NTT beserta jajarannya yang telah menyelenggarakan kegiatan ini dengan baik.

"Kiranya rangkaian kegiatan berikutnya dapat berjalan dengan baik, aman dan lancar. Semoga Allah SWT Tuhan YME, senantiasa meridhoi setiap langkah kita dalam mengabdikan diri kepada masyarakat bangsa dan negara", tandasnya.