Kapolda NTT menerima kunjungan Atase Polri untuk Negara Timor Leste

Kapolda NTT menerima kunjungan Atase Polri untuk Negara Timor Leste

Tribratanewsntt.com,- Kepala Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Timur (Kapolda NTT) Inspektur Jenderal Polisi (Irjen Pol) Drs. Hamidin menerima kunjungan kerja Atase Polri untuk Timor Leste Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol) Muji Diah Setiani, Kamis (4/6/20).

Kapolda NTT menyambut hangat kunjungan Atase Polri untuk Timor Leste ini di ruangan kerjanya. Kunjungan Atase Polri untuk Timor Leste ini merupakan yang perdana di wilayah hukum Polda NTT ini.

Untuk diketahui pada saat pandemi Covid Negara Timor Leste justru yang mendahului menerapkan Lockdown   untuk memperlambat penyebaran Virus Corona dan hal ini justru sangat membantu. Namun pemberlakuan ini juga berpengaruh pada roda perekonomian khususnya di wilayah perbatasan baik melalui PLBN Mota'ain, PLBN Motamasin Kabupaten Malaka maupun PLBN Wini Kabupaten TTU.

Pada kesempatan tersebut Kapolda juga menyampaikan bahwa beberapa waktu lalu ada Tahanan Polres Belu yang lari dari  sel tahanan dan ada indikasi beberapa tahanan yang kabur ke Timor Leste.

"Atas kejadian tersebut perlu diperketat lagi pintu perbatasan, sehingga tidak terulang lagi. Kedepan kerjasama kedua negara khususnya menjaga kamtibmas di wilayah perbatasan perlu ditingkatkan", ujar Kapolda NTT.

Kapolda juga menggambarkan kondisi global dimana ancaman Terorisme serta kejahatan Trans Nasional Crime seperti Peredaran Narkoba maupun kejahatan konvensional lainnya.

Sementara Atase Polri Kombes Pol. Muji Diah Setiani juga mengapresiasi kinerja Polda NTT terutama dalam menjaga kamtibmas diwilayah perbatasan. Untuk diketahui bahwa Negara Timor Leste memiliki sistem ketatanegaraan yang berbeda dimana penanganan penegakan hukum wewenang Kepolisian sangat terbatas dan justru pada Kejaksaan Timor Leste kewenangannya sangat tinggi dan ini sangat sulit untuk berkoordinasi.