Kapolda NTT Pimpin Taklimat Akhir Audit Kinerja Itwasum Polri tahap II Aspek Pelaksanaan dan Pengendalian

Kapolda NTT Pimpin Taklimat Akhir Audit Kinerja Itwasum Polri tahap II Aspek Pelaksanaan dan Pengendalian

Tribratanewsntt.com - Kapolda NTT Irjen Pol Drs. Johni Asadoma, M.Hum pimpin kegiatan taklimat akhir audit kinerja Itwasum Polri tahap II tahun anggaran 2023 di Polda NTT dan jajaran, Selasa (11/7/2023)

Kagiatan yang digelar di Ruang rapat utama (Rupatama) Mapolda NTT ini dihadiri oleh Wakapolda NTT Brigjen Pol Drs. Heri Sulistianto, Irwil I Itwasum Polri Brigjen Pol Drs. Agus Saripul Hidayat, M.H beserta Tim Audit, Irwasda Polda NTT Kombes Pol Zulkifli, S.ST., M.K., S.H., M.M, para pejabat utama Polda NTT dan para Kapolres jajaran yang mengikuti secara langsung maupun secara virtual.

Kegiatan ini sendiri ditandai dengan Pembacaan Pernyataan Hasil Audit (PHA) oleh Brigjen Pol Drs. Agus Saripul Hidayat, M.H, kemudian penandatanganan pernyataan hasil audit (PHA) oleh Kapolda dan Pengawas Tim dan dilanjutkwn dengan penyerahan tabulasi dari Pengawas Tim kepada Kapolda NTT.

Taklimat akhir yang merupakan penutup rangkaian dari pelaksanaan kegiatan audit kinerja rutin Itwasum Polri tahap II tahun anggaran 2023 aspek pelaksanaan dan pengendalian, yang mana telah dilaksanakan selama kurang lebih tujuh hari terhadap satker Mapolda dan Polres jajaran.

Kapolda NTT menyamapikan bahwa, pada dasarnya, pelaksanaan audit kinerja tahap II T.A. 2023 oleh Itwasum Polri memiliki beberapa tujuan strategis yang ingin dicapai. Tujuan-tujuan tersebut antara lain untuk mengetahui apakah program yang telah disusun dapat dilaksanakan secara efektif dan efisien sesuai dengan sumber daya yang dimiliki. Selain itu, audit juga bertujuan untuk menilai sejauh mana kegiatan dan tugas pokok Polri telah dilaksanakan oleh para pengemban fungsi serta mengevaluasi upaya yang dilakukan oleh para pimpinan dalam menghadapi kendala di lapangan yang sering kali memerlukan inovasi dan terobosan kreatif untuk diselesaikan.

"Dengan demikian, pelaksanaan audit kinerja ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih baik tentang pelaksanaan tugas dan kinerja organisasi serta mendorong perbaikan yang signifikan dalam hal efektivitas dan efisiensi dalam rangka meningkatkan pelayanan publik yang lebih baik", ujar Irjen Pol Drs. Johni Asadoma, M.Hum.

Terkait hal itu, selaku pimpinan Polda NTT, Jenderal bintang dua ini mengucapkan terimakasih kepada Tim Audit Kinerja atas segala masukan dan petunjuk serta arahan yang telah diberikan kepada Polda NTT termasuk temuan-temuan yang telah ditemukan selama pendalaman.

Kapolda berharap, dengan berakhirnya pelaksanaan audit kinerja rutin Itwasum Polri ini, tata kelola pemerintahan yang baik, pencapaian sasaran strategis, serta penyelenggaraan pemerintahan yang efektif, efisien, transparan, akuntabel, bersih dan bebas dari korupsi dapat menjadi kenyataan, terutama bagi jajaran Polda NTT dan Polri secara keseluruhan.

Kapolda NTT pun memerintahkan para Kasatker dan Kasatwil untuk segera menindak lanjuti temuan audit kinerja.

"Kepada seluruh kasatker dan kapolres yang menjadi obyek audit kinerja, saya perintahkan untuk segera menindaklanjuti dan mengirimkan tindak lanjut hasil temuan audit kinerja Itwasum Polri, paling lambat 30 hari setelah pelaksanaan taklimat akhir ini", pungkas Kapolda NTT.

Sementara itu, Irwil I Itwasum Polri Brigjen Pol Drs. Agus Saripul Hidayat, M.H menyampaikan apresiasi dan terimakasih terhadap Polda NTT yang telah menyambut dan melaksanakan dengan baik pelaksanaan Audit Kinerja yang telah dilaksanakan selama 10 hari.

"Apresiasi juga kepada Polda NTT atas prestasi yang telah diraih yakni, mendaptkan penghargaan dari Kompolnas Award sebagai salah satu dari lima Polda terbaik serta apresiasi atas keberhasilan dalam penanganan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO)", tandas Brigjen Pol Drs. Agus Saripul Hidayat, M.H.