Kapolres Belu Hadiri Rakor Pilkada yang Lahirkan 6 Seruan Kamtibmas

Kapolres Belu Hadiri Rakor Pilkada yang Lahirkan 6 Seruan Kamtibmas

Tribratanewsntt.com – Pemerintah, TNI dan Polri sepakati enam seruan kamtibmas guna Pemilukada Bupati yang aman dan damai, 9 Desember mendatang. Rapat koordinasi (Rakor) persiapan pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Belu dihadiri oleh Pejabat Bupati Belu, unsur Forkompinda dan Kabupaten Belu, KPUD Belu, Panwaslu Kabupaten Belu, para pimpinan SKPD, para Danramil, para Kapolsek, para camat, para lurah, para kepala desa, para Ketua Forum (FKUD, FKDM, FPK) se-Kabupaten Belu.

Kepala Kepolisian Resort Belu, Ajun Komisaris Besar Polisi Raja Sinambela, SH menyampaikan paparan terkait penyiapan Posko operasi, tugas pokok Polri dalam Pilkada, strategi Polri dalam pengamanan Pilkada, pelaksanaan tahapan-tahapan pengamanan serta persiapan Polri yang telah berlangsung dengan aman dan lancar, diawali dengan latihan pra operasi, pengamanan penetapan paslon, gelar pasukan, hingga pengamanan deklarasi kampanye damai yang berlangsung 27 Agustus kemarin.

600x400xRAKOR-2.jpg.pagespeed.ic.uqzhF8VEJw

Lebih lanjut Kepala Kepolisian Resort Belu, Ajun Komisaris Besar Polisi Raja Sinambela, SH memaparkan tentang maping pengamanan kampanye yang terbagi dalam 3 zona di Kabuapten Belu antara lain zona 1 (Kecamatan Raihat, Lamaknen Selatan, Lamaknen dan Lasiolat), zona 2 (Kecamatan Tasifeto Timur, Kota Atambua, Atambua Barat, Kakuluk Mesak) dan zona 3 (Kecamatan Atambua Selatan, Tasifeto Barat, Nanaet Duabesi dan Raimanuk).

” Kaitan dengan pelibatan personil, Polres Belu menerjunkan 270 personieldidukung oleh BKO Polda NTT 30 personil, TNI 30 personel, Subden 2 pelopor Atambua 30 personel serta Linmas 714 personel, guna mengamankan Pemilukada Bupati dan Wakil Bupati Belu, ” ungkap Kepala Kepolisian Resort Belu, Ajun Komisaris Besar Polisi Raja Sinambela, SH.

Masih kata Kepala Kepolisian Resort Belu, Ajun Komisaris Besar Polisi Raja Sinambela, SH, bahwa akan menciptakan Belu yang aman dan damai selama Pemilukada berlangsung,menjalankan tugas secara profesional guna mewujudkan situasi Kamtibmas yang kondusif sehingga Pemilukada dapat berjalan dengan aman, tertib dan lancar yakni dengan melakukan pengamanan dan pengawalan seluruh tahapan Pemilukada serta melakukan tugas penegakan hukum tindak pidana Pemilukada

Dalam rapat kordinasi yang berlangsung pada Senin (2015-09-08) melahirkan enam seruan Kamtibmas yang kemudian ditandatangani oleh Penjabat Bupati Belu Drs.Wilhelmus Foni, Msi, unsur Forkompinda Belu, para Kapolsek, Danramil,Camat, Panwaslu Kabupaten Belu, Ketua FKUB Kabupaten Belu, FKDM Kabupaten Belu dan FPK Kabupaten Belu.

600x400xRAKOR.jpg.pagespeed.ic.yU-rAfGTsR

Seruan Kamtibmas untuk Pemilukada Belu 2015 berbunyi :

1. Menjaga dan memelihara rasa aman, tertib dan damai demi terselenggaranya tahapan persiapan, pemilihan, sampai dengan pelantikan Bupati dan Wakil Bupati belu terpilih periode 2016-2021.

2. Mendukung KPUD Kabupaten Belu dan Panwaslu Kabupaten Belu untuk melaksanakan seluruh tahapan pemilihan Bupati dan wakil Bupati Belu tahun 2015, sesuai dengan regulasi yang berlaku.

3. Meningkatkan koordinasi dan kerja sama seluruh komponen masyarakat dari tingkat Kabupaten sampai tingkat Kelurahan/Desa sehingga proses tahapan Pemilukada dapat berlangsung aman, tertib dan damai.

4. Menghimbau kepada seluruh masyarakat pemilih untuk menggunakan hak pilihnya pada tanggal 09 Desember 2015 mendatang sesuai dengan hati nurani.

5. Menjaga netralitas penyelenggara pemilu (KPU dan Panwaslu), PNS, TNI dan Polri dalam seluruh proses tahapan pemilukada Kabupaten Belu tahun 2015.

6.Menghimbau kepada tiga pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Belu tahun 2015 untuk mengikuti seluruh proses tahapan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Belu sesuai dengan peraturan yang berlaku.

[humas polres belu]