Kapolres Ende Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Turangga 2019

Kapolres Ende Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Turangga 2019

Tribratanewsntt.com - Bertempat di lapangan Apel Mapolres Ende, di melaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Turangga 2019, Selasa (28/5/2019). dengan mengusung tema, “Melalui Gelar  Pasukan Operasi Ketupat 2019, Kita Tingkatkan Sinergi Polri dengan Instansi Terkait dalam Rangka Memberikan Rasa Aman dan Nyaman Pada Perayaan Idul Fitri 1440 H,”.

Pada apel gelar pasukan ini, Kapolres Ende, AKBP Achmad Muzayin, S.I.K., sebagai irup membacakan amanat Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri), Jenderal Polisi Prof. H.Muhammad Tito Karnavian, Ph.D.

Kapolres Ende mengatakan operasi Ketupat Turangga Tahun 2019  yang digelar selama 13 hari, akan dimulai Rabu, 29 Mei 2019 sampai dengan Senin, 10 Juni 2019. Operasi kali ini memiliki karakteristik yang khas dibandingkan dengan operasi di tahun-tahun sebelumnya.

Pasalnya, kata Achmad Muzayin, Operasi Ketupat Tahun 2019 akan dilaksanakan bersamaan dengan penyelenggaraan tahapan Pemilu Tahun 2019. Sehingga hal tersebut membuat potensi kerawanan yang akan dihadapi dalam penyelenggaraan Operasi Ketupat Tahun 2019 semakin kompleks.

“Sejalan dengan hal tersebut, berbagai gangguan terhadap stabilitas kamtibmas berupa aksi serangan teror, baik kepada masyarakat maupun kepada personel dan markas Polri; berbagai kejahatan yang meresahkan masyarakat, seperti pencurian, perampokan, penjambretan, begal, dan premanisme; aksi intoleransi dan kekerasan, seperti aksi sweeping oleh ormas gangguan terhadap kelancaran dan keselamatan transportasi darat, laut, dan udara; permasalahan terkait stabilitas harga dan ketersediaan bahan pokok; dan bencana alam, tetap menjadi potensi kerawanan yang harus diantisipasi secara optimal dalam Operasi Ketupat Tahun 2019,” tuturnya.

Achmad Muzayin mengatakan, Operasi Ketupat Tahun 2019 akan diselenggarakan di seluruh Polda dengan 11 Polda prioritas, yaitu Polda Metro Jaya, Polda Jawa Barat, Polda Jawa Tengah, Polda DIY, Polda Jawa Tinur, Polda Banten, Poida Lampung. Polda Sumatera Selatan, Polda Sulawesi Selatan, Polda Bali, dan Polda Papua.

Kapolres Ende, juga menambahkan, untuk tingkat Kabupaten Ende dalam rangka pengamanan Idul Fitri 2019, pihak Kepolisian akan menurunkan sebanyak 200 personel.

Turut hadir dalam Apel Gelar Pasukan Ketupat Turangga 2019 yakni unsur TNI, jajaran Polres Ende, dan Pemda Ende.