Kapolri Pastikan Situasi Perayaan Malam Tahun Baru Aman dan Lancar

Kapolri Pastikan Situasi Perayaan Malam Tahun Baru Aman dan Lancar

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menggelar video conference (vicon) dengan seluruh polda di Indonesia untuk pengamanan malam tahun baru. Jenderal Sigit memastikan situasi aman dan lancar jelang pergantian tahun 2024.

"Baru saja kami bersama-sama dengan Bapak Panglima dan seluruh jajaran melaksanakan pengecekan secara langsung terkait dengan kesiapan terakhir sekaligus kondisi terakhir kegiatan pengamanan menjelang pergantian tahun. Jadi secara umum tadi disampaikan bahwa alhamdulillah semuanya masih berjalan aman dan lancar," kata Jenderal Sigit di Polda Metro Jaya, Minggu (31/12/2023).

Jenderal Sigit mengatakan ada 129.923 personel gabungan yang disiapkan saat malam pergantian tahun. Sementara itu, kata Jenderal Sigit, ada 49.676 objek yang dilakukan pengamanan.

"Tercatat malam ini ada kurang lebih 984 titik kumpul yang sudah dilaporkan, dan ada 44.734 personel gabungan yang kita gelar untuk melaksanakan pengamanan khusus untuk kegiatan malam tahun baru ini," kata Sigit.

"Total seperti yang sering saya sampaikan bahwa ada 49.676 objek pengamanan dengan 129.923 personel gabungan yang kita siapkan baik TNI Polri dan unsur lainnya," imbuhnya.

Jenderal Sigit mengatakan situasi di wilayah Papua juga sudah terkendali. Warga sudah merayakan malam tahun baru.

"Alhamdulillah khususnya wilayah Papua tadi Kapolda, Pangdam melaporkan bahwa situasi sudah terkendali, masyarakat di sana juga malam ini ada yang melaksanakan kegiatan merayakan puncak akhir tahun di Jembatan Merah dan Holtekam," ujarnya.

Jenderal Sigit mengatakan situasi di Papua menjadi atensi. Jenderal Sigit menekankan situasi harus dijaga agar tidak terjadi permasalahan baru.

"Dan tentunya ini menjadi atensi kita untuk terus dijaga jangan sampai terjadi permasalahan baru," kata dia.

Jenderal Sigit juga memaparkan situasi di DKI Jakarta. Jenderal Sigit menyebut jumlah warga yang merayakan tahun baru meningkat, terutama di Ancol dan Bundaran HI.

"Wilayah lain, secara umum dilaporkan khususnya di Jakarta memang terjadi peningkatan khususnya yang melakukan kegiatan di Ancol, kemudian HI. Di Ancol dilaporkan dari 91 ribu naik jadi 130 ribu per tadi dilaporkan kemungkinan akan terus meningkat," sebut dia.

Jenderal Sigit juga menekankan agar jajarannya melakukan pengawalan untuk warga yang pulang dari merayakan tahun baru.

"Tentunya perlu ada cara bertindak untuk melaksanakan kegiatan pengamanan sekaligus pada saat pulangnya," imbuhnya.