Kapolri : TNI POLRI Siap Melaksanakan Pengamanan KTT Asean 2023

Kapolri : TNI POLRI Siap Melaksanakan Pengamanan KTT Asean 2023

Tribratanewsntt.com - Kapolri Jenderal Polisi  Listyo Sigit Prabowo bersama Panglima TNI Jenderal TNI Laksamana Yudo Margono memimpin apel gelar pasukan pengamanan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Asean ke-42 di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Temggara Timur (NTT), Sabtu (6/5/2024).

Kapolri menyatakan, apel gelar pasukan ini merupakan bentuk kesiapan TNI Polri dalam melaksanakn rangkaian pengamana KTT Asean ke-42 di Labuan Bajo yang akan diselenggarakan mulai tanggal 7 hingga 13 Mei 2023 mendatang.

"TNI Polri akan melaksanakan seluruh rangkaian pengamanan mulai dari kedatangan, akomodasi kemudian kegiatan-kegiatan di venue-venue maupun kegiatan lain yang telah disiapkan. Ada beberapa event utama dan event tambahan yang tentunnya semuannya harus berjalan dengan aman, lancar dan sukses", kata Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo.

Lanjutnya, pengamanan yang baik tentu akan membawa posisi Indonesia mencapai posisi yang akan diseganai di kawasan maupun di dunia internasiaonal.

Ia berharap penyelenggaraan dan pengamanan yang baik tentunnya juga akan menghasilkan keputusan-keputusan strategis untuk kawasan Asean.

Menurut Kapolri, kunci sukses terselenggaranya kegiatan KTT Asean ini adalah solidaritas dan sinergitas dari semua pihak.

"Oleh karena itu, tentunya setelah ini kita arahkan semuanya segera membaur, bersatu dan kemudian mengenali apa yang menjadi ancaman tugas masing-masing dan kita siap untuk menghadapi berbagai macam ancaman mulai dari masalah kriminalitas, masalah kendala-kendala pada saat di rute, masalah teroris, masalah unjukrasa dan juga persiapan Contingency plan apabila ada hal-hal yang harus dilakukan", tuturnya.

"Tentunya ini menjadi kesepakatan
bahwa, TNI Polri solid, sinergi dan siap untuk melaksanakan pengamanan KTT Asean tahun 2023", pungkas Kapolri.

Semantata itu, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono menjelaskan bahwa, Apel Gelar Pasukan ini sekaligus memastikan bahwa seluruh personel maupun peralatan-peralatan yang ada telah siap untuk dioptimalkan dalam melakukan pengamanan KTT ASEAN. 

"Kita lihat bersama mereka sudah kita bagi dengan tugas di masing-masing tempat dan juga tugas masing-masing personel kita cek. Dan tentunya masih awal gelar kesiapan untuk cek kelengkapan juga. Dan nanti baru kita melaksanakan rapat lebih detail melibatkan semua stakeholder, dan juga akan melaksanakan Tactical Floor Game (TFG)," kata Yudo. 

Dengan dikerahkannya sekitar 12 ribu personel gabungan dari TNI, Polri dan stakeholder lainnya, Yudo menegaskan, seluruh petugas siap untuk memberikan pengamanan terbaik pada event tersebut. 

"Berjumlah 12 ribu personel baik TNI, Polri stakeholder terkait, BNPT, BNPB, Basarnas juga Satpol PP daerah. Semuanya kita gelar untuk mengecek dan juga kita akan detailkan tugas masing-masing satgas yang kita bagi. Dengan kesiapan semua ini kita dapat melaksanakan tugas pengamanan KTT ini dengan baik aman dan lancar. Kita antisipasi semua kemungkinan ancaman baik luar maupun dalam," tutup Yudo.