Kapolri Tunjuk Brigjen Pol. Awi Setiyono, S.I.K., M.Hum., sebagai Wakapolda NTT

Kapolri Tunjuk Brigjen Pol. Awi Setiyono, S.I.K., M.Hum., sebagai Wakapolda NTT

Tribratanewsntt.com - Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo melakukan mutasi sejumlah pejabat perwira menengah dan perwira tinggi Polri dalam upaya penyegaran organisasi kepolisian.

Kapolri menetapkan Brigjen Pol. Awi Setiyono, S.I.K., M.Hum., sebagai Wakapolda NTT. Ia menggantikan pejabat sebelumnya Brigjen Pol. Drs. Heri Sulistianto yang sudah memasuki masa pensiunnya.

Keputusan mutasi tersebut tertuang dalam Surat Telegram ST/2164/IX/KEP./2023 yang diterbitkan pada tanggal 26 September 2023.

Hal tersebut dibenarkan Kabidhumas Polda NTT Kombes Pol. Ariasandy, S.I.K., saat dikonfirmasi di Mapolda NTT, Rabu (27/9/2023).

Kabidhumas Polda NTT menyatakan bahwa mutasi ini juga mencakup sejumlah pejabat perwira tinggi dan menengah baik di tingkat Mabes Polri maupun Polda jajaran.

Menurut Kabidhumas Polda NTT, perubahan dalam organisasi ini dilakukan dalam rangka promosi sekaligus penyesuaian dengan masa pensiun sebagian pejabat.

Brigjen Pol Awi Setiyono sebelumnya menjabat sebagai Wakil Gubernur Akademi Kepolisian sebelum dipercayakan dengan tugas baru di NTT.

Selain perubahan di NTT, mutasi tersebut juga melibatkan sejumlah pejabat penting lainnya di Polri. Salah satunya adalah mutasi Kapolda Aceh, Irjen Ahmad Haydar, yang digantikan oleh Irjen Achmad Kartiko yang sebelumnya menjabat sebagai Pati Baintelkam Polri. Irjen Achmad Kartiko akan bertugas sebagai Deputi Bidang Penempatan dan Perlindungan Kawasan Eropa dan Timur Tengah BP2MI.

Pergantian pejabat juga terjadi pada jabatan Wakapolda Aceh, di mana Brigjen Pol. Syamsul Bahri akan digantikan oleh Kombes Pol. Armia Fahmi, mengingat Brigjen Syamsul Bahri memasuki masa pensiun.

Mutasi ini diharapkan dapat memberikan angin segar bagi Polri dalam menjalankan tugas-tugasnya dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat serta meningkatkan profesionalisme di dalam institusi kepolisian.