Kasat Lantas Berikan Penyuluhan Tertib Berlalulintas ke Pengemudi PT. Indoraya Jaya Perkasa

Kasat Lantas Berikan Penyuluhan Tertib Berlalulintas ke Pengemudi PT. Indoraya Jaya Perkasa

Tribratanewsntt.com - Kasat Lantas Polres Ngada AKP Sudirman, S.Sos akhirnya mendatangi para Pengemudi Perusahaan Indoraya Jaya Perkasa (IJP) untuk memberikan sosialisasi terkait pentingnya tertib berlalu lintas di jalan raya, Sabtu (20/07/19) di Bescamp Sinar 99 Waebetu Bajawa, Kabupaten Ngada.

Sekitar Lima puluhan Pengemudi itu tampak antusias mendengarkan arahan dari pihak kepolisian.

AKP Sudirman, selaku pemateri memberikan penjelasan panjang lebar terkait rambu-rambu lalu lintas jalan raya yang harus dipatuhi oleh semua pengendara.

Salah satu poin sederhana yang ditekankan adalah, surat izin mengemudi kepada para pengemudi Perusahaan tersebut.

“Selain itu rambu-rambu di jalan harus dipahami. Jangan berpikir bahwa taat aturan agar tidak ditilang, tapi taati aturan untuk keselamatan diri sendiri dan orang lain,” ujar Sudirman.

Dia juga menambahkan, kegiatan tersebut merupakan program dari Lantas untuk memberikan sosialisasi terhadap para pengemudi dengan tujuan agar para pengemudi memahami, undang-undang dan peraturan lalu lintas.

“Kami lakukan ini dengan sistem jemput bola seperti ini karena memang cukup sulit untuk mengumpulkan mereka (para pengemudi) secara serentak,” ujarnya.

Sasaran dari kegiatan ini adalah semua pengemudi mulai dari pengemudi ataupun warga umum lainnya agar mematuhi aturan lalu lintas yang ada.

“Kalau semua orang paham dan taat akan aturan lalu lintas tentunya angka kecelakaan bisa dicegah,” katanya.

Sebab berdasarkan kenyataan selama ini kata Sudirman, kecelakaan lalu lintas dijalan raya umumnya oleh kecerobohan pengendara yang tidak mentaati aturan lalu lintas yang ada.

“Banyak pengemudi masih sering kita jumpai melanggar aturan, mulai dari terobos lampur merah, ngebut-ngebutan hingga berhenti di zona larang berhenti,” ujarnya.

Untuk itu dengan adanya sosilisasi itu, Kasat Lantas berharap agar para Pengemudi diperusahaan tersebut bisa menjalankan rutinitas mereka dengan mentaati aturan lalu lintas yang ada. “Hargai pengendara lain dan taati aturan lalu lintas yang ada,” pesan Sudirman.