Kembali Patroli Sepeda , Kapolres Belu Sebar Pesan Kamtibmas dan Imbauan Protokol Kesehatan untuk Masyarakat

Kembali Patroli Sepeda , Kapolres Belu Sebar Pesan Kamtibmas dan Imbauan Protokol Kesehatan untuk Masyarakat

Kepala Kepolisian Resor Belu, AKBP Khairul Saleh, S.H.,S.I.K.,M.Si, bersama Wakapolres, KOMPOL Herman Bessie serta pejabat utama, kembali menggelar patroli bersepeda mengitari kota Atambua, rabu (14/10/2020).

Berangkat dari Mako sekitar pukul 08.00 WITA, Kapolres Belu dan rombongan bergerak menyisir wilayah pasar lama, pasar baru, simpang toko pelita lurus menuju simpang toko kreatif, cabang biba belok kanan menuju Rumktitban (RS.Tentara), lurus simpang patung kuda belok kanan menuju hotel Timor.

Dari arah hotel Timor, Kapolres Belu dan rombongan bergerak menuju wilayah Sesekoe. Balik dari arah tersebut, Kapolres Belu dan rombongan bergerak menuju wilayah Toro dan mampir di kantor Samsat Atambua.

Usai bersilaturahmi dengan Kepala dan pegawai kantor Samsat, Kapolres Belu dan rombongan kembali mengayuh sepedanya menuju cabang kantor PU lama lalu belok kanan menyisir wilayah Tenubot dan Tenukiik, kemudian kembali ke Mapolres Belu.

Meski jarak yang ditempuh cukup jauh, hal tersebut tidak menyurutkan semangat orang nomor satu Polres Belu ini dan rombongan untuk berolahraga menjaga kebugaran tubuh sekaligus memantau situasi kamtibmas dan menyapa masyarakat.

Kapolres Belu, AKBP Khairul Saleh mengatakan, patroli sepeda ini bertujuan meningkatkan kehadiran polisi berseragam di tengah-tengah masyarakat, sembari pesan kamtibmas.

Patroli ini juga lanjut Kapolres Belu, sebagai bagian dari operasi yustisi dalam membangun kesadaran masyarakat untuk disiplin menjalankan protokol kesehatan serta untuk menekan resiko penyebaran Covid-19 di wilayah kota Atambua khususnya di tengah pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2020.

”Tentunya kegiatan patroli seperti ini Kita lakukan setiap hari baik pagi, siang dan malam. Khusus bersepeda, Saya jadwalkan setiap rabu pagi. Selain menjaga kebugaran tubuh, Kita juga dapat leluasa langsung menyapa warga yang ditemui di jalan sehingga menjadikan Polri lebih dekat dengan masyarakat,”kata Kapolres Belu.

"Kita juga lebih detail mengawasi, dan mengontrol setiap lingkungan masyarakat yang dilewati. Tadi juga Kita ajak masyarakat supaya kemana-mana mesti pakai masker, jaga jarak, mencuci tangan dan jauhi kerumunan. Kalau ini ditaati maka perhelatan pesta demokrasi di Belu akan aman dari covid-19"pungkas Kapolres Belu.

Lebih lanjut, Perwira Dua melati yang hoby dengan olahraga badminton ni mengungkapkan, dengan semakin banyak petugas berpatroli dan hadir di tengah masyarakat, dengan sendirinya akan menciptakan rasa aman dan nyaman.

"Masyarakat juga dengan mudah melaporkan kepada petugas, jika menjumpai hal-hal yang mencurigakan. Ini (Patroli Sepeda) akan rutin Kita giatkan, tidak saja Kapolres dan pejabat utama, tapi juga dilakukan anggota Samapta yang merupakan bagian dari tugas pokoknya"tutup Kapolres Belu.

Selain Wakapolres Belu, sejumlah perwira yang turut mendampingi Kapolres Belu dalam gowes pagi tadi antara lain Kabag Sumda, KOMPOL Alfonsus Hale Mau, Kabag Ops, AKP I Nengah Sutawinaya, SH, Kasat Reskrim, AKP Wira Satya Yudha, S.I.K, Kasat Samapta, IPTU I Ketut Setiasa, SH, KBO Samapta, IPDA Asep Ruspendi, Kasi Propam, IPDA Taufan Ardiansyah, SH, Kasiwas, IPDA Ilmudin, Kanit PPA Sat Reskrim, IPDA Anggraeni Angelia Isabela, S.Tr.K dan Baur SIM, AIPTU Sahlim.