Kepada Personil Polres Sumba Barat, Kapolda NTT Ingatkan Untuk Tetap Menjaga Etika Profesi dan Institusi

Kepada Personil Polres Sumba Barat, Kapolda NTT Ingatkan Untuk Tetap Menjaga Etika Profesi dan Institusi

Tribratanewsntt.com - Usai melakukan kunjungan kerja ke wilayah hukum Polres Sumba Barat Daya, Kapolda NTT Irjen Pol. Lotharia Latif, S.H., M.Hum., bersama Ketua Bhayangkari Daerah NTT Ny. Evi Nurhayati Latif, S.H., kembali mengunjungi Kabupaten Sumba Barat, Jumat (1/10/2021).

Ikut juga mendampingi Kapolda NTT dalam kunjungan ini, sejumlah pejabat utama terdiri dari Irwasda Polda NTT Kombes Pol. Zulkifli, S.S.T, M.K., S.H., M.M., bersama Ibu, Karo SDM Polda NTT Kombes Pol. Wisnu Sudarto, S.I.K., bersama Ibu, Dirreskrimsus Polda NTT Kombes Pol. Jo Bangun, S.Sos., S.I.K., bersama Ibu, Dirpolairud Polda NTT Kombes Pol. Nyoman Budiarja, S.I.K.,  bersama Ibu, dan Dirsamapta Polda NTT Kombes Pol. Sudarmin, S.I.K., M.H., bersama Ibu.

Tiba di Polres Sumba Barat, Kapolda NTT bersama rombongan disambut Kapolres Sumba Barat AKBP FX Irwan Arianto S.I.K., M.H., beserta Pejabat Utama Polres Sumba Barat dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Selanjutnya, Kapolda NTT menggelar tatap muka bersama dengan para pejabat utama Polres dan perwakilan Personil Polres serta hadir juga Kepala Desa Bolubokat yang digelar di Aula Mapolres Sumba Barat.

Pertemuan diawali dengan sambutan Kapolres Sumba Barat yang menyampaikan bahwa Polres Sumba Barat membawahi 2 Kabupaten yaitu Kabupaten Sumba Barat dan Kabupaten Sumba Tengah.

Untuk situasi saat ini sangat aman karena angka kriminalitas yang terjadi beberapa bulan lalu dapat tekan dengan baik salah satunya pada bulan januari Polres Sumba Barat berhasil mengunggap jaringan pencurian ternak termaksud pelaku yang merupakan otak dari jaringan curnak tersebut. Mengenai situasi covid saat ini di Kabupaten Sumba Barat masih Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3.

Pada bulan November mendatang akan dilaksanakan Pilkades untuk Kabupaten Sumba Tengah sebanyak 29 Desa sedangkan Kabupaten Sumba Barat akan berlangsung Pilakdes untuk 16 Desa pada awal Desember.

Usai paparan Kapolres Sumba Barat, dilanjutkan dengan arahan Kapolda NTT yang menyampaikan ucapan terimakasih atas pelaksanaan tugas dalam halnya menjaga situasi harkamtibmas agar tetap aman dan kondusif. Untuk itu Kapolda berharap agar terus dipertahankan dan ditingkatkan.

Kapolda juga memberikan apresiasi untuk Kapolres Sumba Barat karena mampu menciptakan situasi yang aman dan dengan inovasi - inovasi baru / kreatif terhadap institusi Polri khususnya Polres Sumba Barat.

"Keberhasilan Kapolres tidak terlepas dari dukungan dan kerjasama dengan para PJU Polres dan Personil Polres Sumba Barat", ungkap Kapolda NTT.

Dikatakannya, dalam pelaksanaan tugas di lapangan khususnya sebelum penindakan personil harus terlebih dahulu mengutamakan metode Preemtif dan Preventif.

"Saya titipkan pesan untuk personil Polres Sumba Barat agar hindari pelanggaran yang merugikan instansi dan tetap mengutamakan tugas Polri yaitu Melindungi, Mengayomi dan Melayani Masyarakat sehingga tingkat kepercayaan terhadap Polri tetap ada dan tidak menurun", tegasnya.

"Dalam situasi pandemi ini agar kita tetap menjaga Etika Profesi dan Kelembagaan institusi dengan tidak melakukan pelanggaran-pelanggaran", harapnya.

Kapolda juga meminta kepada Kapolres dan jajaran personil Sumba Barat agar tetap melakukan pengabdian yang baik kepada Bangsa dan Negara. "Terus tingkatkan pengabdian yang baik kepada masyarakat, terutama di tengah pandemi Covid-19", tandasnya.