Kesiapan Pengamanan Nataru, Polda NTT Gelar Rakor Lintas Sektoral Bidang Operasional

Kesiapan Pengamanan Nataru, Polda NTT Gelar Rakor Lintas Sektoral Bidang Operasional

Tribratanewsntt.com - Dalam rangka persiapan pengamanan Hari pengamanan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, Kepolisian Republik Indonesia menggelar rapat koordinasi (rakor) lintas sektoral bidang operasional melalui sarana video conference (Vicon) yang dipimin langsung oleh Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si.

Rakor lintas sektor ini juga dihadiri langsung oleh Kapolda NTT Irjen Pol. Drs. Johni Asadoma, M.Hum., didampingi Dirlantas Polda NTT dan Karoops Polda NTT di Gedung Rupattama Mabes Polri, Jakarta Selatan, Jumat (16/12/2022).

Untuk wilayah NTT, Rakor lintas sektoral berpusat di Ruang Rapat Utama (Rupatama) Mapolda NTT yang dipimpin oleh Wakapolda NTT Brigjen Pol. Drs. Heri Sulistianto.

Hadir juga dalam kegiatan itu, Kabinda NTT, Ketua Pengadilan Tinggi, Kajati NTT diwakili Asintel, Danlanud diwakili Kadisops, Danlantamal diwakilkan Danpom, Sekda Provinsi NTT, Kadis Perhubungan Provinsi NTT, Kadis Persagangan Provinsi NTT, Kepala BPBD Provinsi NTT, Kepala Koord BMKG Provinsi NTT, Kepala Basarnas Provinsi NTT, GM Pertamina Provinsi NTT, para Pejabat Utama Polda NTT dan Kapolresta Kupang Kupang serta Kapolres jajaran Polda NTT.

Pada kesempatan itu Kapolri mengatakan telah memetakan lokasi-lokasi yang menjadi prioritas dan fokus pengamanan, seperti tempat ibadah, objek wisata, dan jalur-jalur mobilitas masyarakat. 

Kapolri juga mengingatkan kepada jajarannya untuk persiapan pengamanan Natal dan tahun baru. Catatan penting yang disampaikan terkait dengan antisipasi peristiwa teror Densus 88 Anti Teror Polri diminta melakukan pengungkapan, sedangkan jajaran lainnya melakukan penjagaan. 

Kapolri meminta kepada jajaran untuk menggandeng semua pihak, termasuk organisasi masyarakat (ormas), dalam menjaga Natal dan tahun baru sehingga menjadi gerakan bersama melawan teroris.

Sementara itu, Kabidhumas Polda NTT Kombes Pol. Ariasandy, S.I.K., menerangkan bahwa, kegiatan Rakor lintas sektoral dibidang operasional ini digelar sebagai bentuk kesiapan pelaksanaan pengamanan Nataru.

“Terutama pada kesiapan aspek personel maupun sarana prasarana serta keterlibatan unsur-unsur terkait seperti TNI, Pemda dan mitra kamtibmas lainnya”, jelas Kombes Pol. Ariasandy, S.I.K.

Terkait hal ini, beberapa persiapan pun dilakukan baik dari perkiraan ancaman, cara bertindak dan pegelaran personel, sehingga diharapkan dapat diimplementasikan dalam pelaksanannya yang mana untuk memberikan jaminan keamanan dan pelayanan terbaik bagi masyarakat.