Kukuhkan Satpolairud Polres Sikka, Kapolda NTT : Berikan Pelayanan Terbaik Kepada Masyarakat Perairan

Kukuhkan Satpolairud Polres Sikka, Kapolda NTT  : Berikan Pelayanan Terbaik Kepada Masyarakat Perairan

Tribratanewsntt.com - Kepala Kepolisian Daerah  Tenggara Timur (Kapolda NTT), Irjen Pol. Drs. Johni Asadoma, M.Hum., secara resmi mengukuhkan Satuan Perairan dan Udara Polres Sikka, Selasa (15/11/2022) pagi.

Hadir juga dalam kegiatan itu, Bupati Sikka Fransiskus R. Diogo Idong, S.Sos., M.Si., Kapolres Sikka AKBP Nelson F.D. Quintas, S.I.K., Wakapolres Sikka Kompol Ruliyanto Junaedi Putra Pahroen S.Sos, S.I.K., Forkopimda Kabupaten Sikka, Danyon Brimob Detasemen B Pelopor Maumere Kompol Gojal Putra Malemba, S.I.K., Pejabat Utama dan Perwira Polres Sikka, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat Kabupaten Sikka serta seluruh Personel Polres Sikka.

Peresmian Kantor Satpolairud Polres Sikka ditandai dengan pemotongan pita oleh Bapak Kapolda NTT didampingi Bupati Sikka dan Kapolres Sikka.

Dalam sambutan Kapolda NTT mengungkapkan bahwa wilayah Kabupaten Sikka memiliki potensi kelautan dan perikanan yang mempunyai prospek ekonomi yang tinggi yakni, 77,07 persen merupakan perairan laut, serta terdapat 17 pulau dan yang dikelilingi garis pantai sepanjang 44,50 km.

"Sumber daya kelautan dan perikanan merupakan tumpuan harapan masyarakat dan pemerintah Kabupaten Sikka di masa depan", ungkap Kapolda NTT

Lanjut Dijelaskannya bahwa Hal ini yang mendasari pembentukan Satuan Polisi Perairan di wilayah Kabupaten Sikka untuk menjaga dan mengawasi wilayah perairan dari gangguan dan ancaman yang berpotensi merusak, mencemari, ataupun mengeksploitasi secara ilegal.

"Seusai dengan Peraturan Kepolisian No 2 Tahun 2021 tentang susunan organisasi dan tata kerja tingkat kepolisian resor dan kepolisian sektor", jelasnya

"Satuan Pol Air Polres Sikka sangat penting dan strategis dimana Sat Pol Air adalah unsur pelaksana tugas pokok yang berada langsung di bawa kapolres dengan fungsi kepolisian perairan meliputi patroli, penegakan hukum, dan pembinaan masyarakat di masyarakat pantai dan perairan serta pencarian dan penyelamatan apabila terjadi kecelakaan di wilayah perairan", tegasnya.

Satuan Pol Air Polres Sikka terbentuk berdasarkan Keputusan Kapolri No : Kep/1055/VIII/2022 Tanggal 8 Agustus 2022 tentang pembentukan satuan kepolisian perairan Resor Sikka - Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Timur.

"Berdirinya Sat Pol Air ini harus memberikan dampak secara langsung yang dirasakan oleh masyarakat serta memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat perairan", harapnya.

Dalam kesempatan itu juga, Kapolda NTT mengucapkan terimakasih kepada seluruh masyarakat yang telah mendukung pengukuhan Satpolairud Polres Sikka.

"Saya Ucapan terima kasih kepada Bupati, Satuan TNI dan Instansi terkait serta Tokoh Adat dan Tokoh Masyarakat yang mendukung dan bekerja sama dengan baik selama ini", tuturnya.

Sementara itu, Bupati Sikka mengucapkan Ucapan Terimakasih atas kunjungan Bapak Kapolda NTT dan ibu bersama rombongan di Kabupaten Sikka dalam rangka Kunjungan Kerja dan Peresmian Sat Polairud Polres Sikka.

"Sebagian besar penduduk wilayah Kabupaten Sikka menempati daerah pesisir pantai sehingga diperlukan pengawasan dan patroli oleh Kepolisian Perairan. Dimana untuk mengurangi kebiasaan masyarakat perairan yang sering melakukan penangkapan ikan dengan cara instant menggunakan bahan peledak yang mengakibatkan hancurnya ekosistem dalam laut", ujar Bupati Sikka

"Untuk itu kedepannya diperlukan kerja sama antara kepolisian dengan TNI AL dan Instansi Terkait untuk bersama-sama mengawasi dan menjaga ekosistem laut di Wilayah Kabupaten Sikka", tambahnya.

Usai mengukuhkan Satpolairud Polres Sikka, Kapolda NTT didampingi Kapolres Sikka dan Bupati Sikka berserta Rombongan juga berkesempatan meninjau pelayanan publik di Mapolres Sikka mulai dari Rutan Polres Sikka, Ruangan Satintelkam Polres Sikka dan Ruangan Satlantas Polres Sikka.

Sebelumnya, Kapolda NTT dan Ketua Bhayangkari Daerah NTT Ny. Vera Cristina Sirait Asadoma, M.Sc., tiba di Mapolres Sikka sekitar pukul 09.00 Wita. Dan langsung diterima oleh Kapolres didampingi Ketua Cabang Polres Sikka dengan pengalungan kain adat khas NTT dan buket bunga.

Selanjutnya Kapolda NTT dan Ketua Bhayangkari Daerah NTT diterima dengan tarian Adat Sikka (Tarian Penyambutan), jajaran Penghormatan dan Yel-Yel Penyambutan oleh Anggota Polres Sikka dilanjutkan dengan salam perkenalan oleh para Pejabat Utama Polres Sikka.

Ikut mendampingi Kapolda NTT dalam kunjungan kerja kali ini yakni, Irwasda Kombes Pol Zulkifli, S.S.TmK., S.H., M.M., dan sejumlah Pejabat Utama Polda NTT diantaranya Karorena Polda NTT Kombes Pol. R. Dadik Junaedi Supri Hartono, S.H., dan Ibu Evi Dadik, Dirintelkam Poda NTT Kombes Pol. Jan Wynand Imanuel Makatita, S.I.K., Dirreskrimsus Polda NTT Kombes Pol. Patar M. Yoris Maulana Y. Marzuki, S.I.K., dan Ibu Poppy Yoris, Dirpolairud Polda NTT Kombes Pol. Nyoman Budiarja, S.I.K., M.Si., Dansat Brimob Polda NTT Kombes Pol. Ferry Raimond Ukoli, S.I.K., dan Ibu Ririn Ukoli.