Kunjungi Polsek Komodo, Kapolres Manggarai Barat Sosialisasikan Atensi Presiden RI dan Kapolri

Kunjungi Polsek Komodo, Kapolres Manggarai Barat Sosialisasikan Atensi Presiden RI dan Kapolri

Tribratanewsntt.com - Kapolres Manggarai Barat AKBP Bambang Hari Wibowo, S.I.K., M.Si. didampingi Kasie Propam Ipda Royke Weridity dan personil Propam Polres Manggarai Barat melaksanakan kunjungan kerja ke Polsek Komodo, Selasa (25/08/2020).

Tujuan kunjungan kerja tersebut selain untuk bersilaturahmi dan mengetahui situasi wilayah jajaran Polres Manggarai Barat, juga untuk mensosialisasikan atensi Bapak Presiden RI Ir. H. Joko Widodo dan Kapolri Jenderal Polisi Drs. Idham Azis, M.Si. yang disampaikan melalui video conference yang dipimpin Wakapolri Komjen Pol. Dr. Gatot Eddy Pramono, M.Si.

Dalam sambutannya Kapolres menyampaikan, bahwa kunjungan kerja yang dilakukan untuk mensosialisasikan atensi Presiden RI dan Kapolri, karena Polsek merupakan garda terdepan sehingga anggota benar–benar harus menguasai tugasnya masing–masing.

Apalagi dikala adanya Pandemi seperti ini yang mana Polsek sebagai garda terdepan wajib menjalankan tugasnya seefektif mungkin demi memutus rantai penyebaran Covid-19.

Kapolres juga memerintahkan kepada jajaran Polsek khususnya anggota Bhabinkamtibmas, harus lebih Pro Aktif dalam mensosialisasikan dan mendisiplinkan Masyarakat untuk mematuhi Protokol Kesehatan.

“Tingkatkan upaya–upaya pencegahan penyebaran pandemi Corona, lakukan langkah–langkah koordinasi, kerjasama dengan stakeholder di wilkumnya masing–masing, terapkan Protokol Kesehatan dilingkungan kerja Mako Polri hingga jajaran Polsek, terutama ruang Pelayanan Publik Protokol Kesehatan harus benar–benar di atensi dan wajib dilaksanakan,” perintah AKBP Bambang

AKBP Bambang juga mengintruksikan agar Kapolsek berkoordinasi dengan Kasat Binmas untuk memaksimalkan peran Bhabinkamtibmas serta ajak Bhabinsa (TNI) bersama–sama mensosialisasikan pentingnya penerapan Protokol Kesehatan terutama budaya penggunaan Masker.

“Viralkan Budaya Penggunaan Masker sebagai budaya Hidup saat ini, lakukan inovasi–inovasi yang dapat menggerakkan masyarakat terbiasa menggunakan Masker atau kawasan wajib Masker,” ungkap Kapolres Manggarai Barat

Kapolres juga menghimbau Agar jajaran Polsek melaksanakan Penerapan 3 M dan T yakni Menggunakan Masker, Menjaga Jarak, Kebiasaan Mencuci Tangan, sebagai kebiasaan baru. Juga tidak berkerumun dalam jumlah besar di lingkungan internal Polsek dan lingkungan masyarakat.

Selain Protokol Kesehatan, dalam kesempatan kunjungan tersebut AKBP Bambang juga telah mengintruksikan agar jajaran Polsek mengantisipasi dan mengawasi pelaksanaan distribusi dana bantuan pemerintah pusat berupa uang Rp 600.000 kepada masyarakat yang terdampak Covid-19.

“Cek dan pastikan betul data yang ada di Pemda benar–benar orang yang berhak menerima dana bantuan tersebut dan Kapolsek libatkan juga Forkompimcam, TNI di tingkat Kecamatan, stakeholder serta Instansi Vertikal tingkat Kecamatan untuk membantu Polsek bersama Mengawasi pelaksanaannya agar benar–benar tepat sasaran,” tegas Kapolres

Terakhir, Kapolres Manggarai Barat AKBP Bambang Hari Wibowo, S.I.K., M.Si. memerintahkan jajaran Polsek untuk melakukan koordinasi dengan Forkopimcam, TNI di tingkat Kecamatan, Tokoh Agama, Tokoh Adat / Tua Golo, dan Tokoh Masyarakat untuk bersama-sama menjaga kondisivitas Kamtibmas menjelang hingga pelaksanaan Pilkada Mabar pada 9 Desember 2020.

“Libatkan juga awak media bersama–sama masyarakat di tingkat Kecamatan secara bersinergi dengan jajaran Polsek untuk mewujudkan Pilkada yang aman tertib dan lancar. Sehingga terciptanya situasi kondusif maka masyarakat semakin produktif,” ujar AKBP Bambang.