Kunker di Kabupaten Ngada, Kapolda dan Ketua Bhayangkari Daerah NTT Berbagi Kasih di Kampung Bena

Kunker di Kabupaten Ngada, Kapolda dan Ketua Bhayangkari Daerah NTT Berbagi Kasih di Kampung Bena

Tribratanewsntt.com - Kunjungan kerja di wilayah hukum Polres Ngada, Kapolda NTT Irjen Pol. Drs. Johni Asadoma M.Hum bersama Ketua Bhayangkari Daerah NTT Ny. Vera Johni Asadoma bersama rombongan berkesempatan mengunjungi Kampung adat bena di kabupaten Ngada, minggu (19/2/2023).

Ikut mendampingi Kapolda NTT dalam kunjungan ini, Karo SDM Polda NTT Kombes Pol. Satria Yusada, S.I.K., M.Si., dan ibu, Kabiddokes Polda NTT Kombes Pol. dr. Sudaryono, M.M., dan ibu, Ka SPN Polda NTT Kombes Pol. Nanang Putu Wardianto dan ibu serta Koorsprim Polda NTT Kompol. Eliana Papote, S.I.K., M.M.

Kunjungan di kampung Bena ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan kunjungan kerja di wilayah hukum Polres Ngada.

Dalam kunjungan ini, Kapolda NTT bersama Ketua Bhayangkari Daerah NTT menyerahkan bantuan sosial berupa sembako kepada warga masyarakat Kampung tradisional Bena yang membutuhkan. Sebanyak 100 paket sembako yang diberikan.

Sesepuh kampung Bena Bapak Emanuel dalam kesempatan itu, menjelaskan sejarah tentang kampung Bena kepada Kapolda NTT dan rombongan.

”Kampung Bena sejak dulu tetap seperti ini, masih menjaga keaslian dan tidak berubah sejak dlu karena sudah menjadi warisan turun- menurun disini. Kami juga mengucapkan terimakasih karena berkesempatan datang ke Bena, dan membagikan sembako di Bena,” ucap Emanuel.

Sementara itu, Kapolda NTT juga menyampaikan kegiatan bantuan sosial Polri Presisi Ini merupakan kegiatan berbagi kasih dengan masyarakat bena sebagai tali asih

"Bansos ini untuk mempererat ikatan kekeluargaan dengan Polri khususnya Polres Ngada Polda NTT dengan masyarakat khususnya di kampung Bena", ungkap Irjen Pol. Drs. Johni Asadoma, M.Hum.

Orang nomor satu di Polda NTT juga berharap Kampung Bena mendapatkan dipromosikan kedunia luar dengan menggunakan teknologi media sosial.

“Dengan kemajuan teknologi dan informasi yang pesat, kampung bena harus dipromosikan kedunia luar menggunakan teknologi media sosial. Sehingga banyak yang tau tentang kampung bena dan dampaknya pada nilai ekonomis dan pendapatan dikampung bena", harapnya.

Irjen Pol. Drs. Johni Asadoma, M.Hum., juga mengharapkan kepada anak-anak sebagai penerus bangsa lebih giat belajar dan mendapatkan pendidikan yang layak.

“Anak- anak harus lebih maju harus dan mendapatkan pendidikan yang baik sehingga bisa membangun kampung bena menjadi lebih baik", tuturnya.

Kapolda NTT dan Ketua Bhayangkari Daerah NTT juga membagikan Bingkisan kepada anak- anak dikampung Bena, sekaligus memberikan motivasi kepada anak-anak agar lebih giat belajar.

Selain itu, Kapolda NTT beserta rombongan juga berkesempatan melihat keindahan kampung bena dan ditutup dengan Ja’i (tarian adat) bersama masyarakat kampung Bena.

Untuk diketahui, Kampung Adat Megalitik Bena merupakan sebuah kampung pariwisata yang terletak di Desa Tiwu Tiwu, Kecamatan Jerebuu, Kabupaten Ngada, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Kampung Bena adalah kampung adat yang terkenal dengan rumah adat dan tradisi nenek moyangnya.

Terletak di kaki Gunung Inerie (2.245 mdpl) dan dikelilingi bambu dan pohon beringin yang begitu rimbun menjadi ciri khas dari kampung tua ini.