Kunker di Manggarai, Kapolda NTT Melakukan Tatap Muka dengan Forkopimda Kabupaten Manggarai

Kunker di Manggarai, Kapolda NTT Melakukan Tatap Muka dengan Forkopimda Kabupaten Manggarai

Tribratanewsntt.com,- Kapolda NTT Irjen Pol. Drs. Johni Asadoma, S.H,M.Hum melakukan kunjungan silaturahmi ke kantor Bupati Manggarai, Rabu (17/5/23).

Kapolda NTT bersama rombongan yang terdiri dari beberapa pejabat utama Polda NTT ini disambut hangat Wakil Bupati Manggarai Heribertus Ngabut, S.H. dengan pengalungan selendang tradisional khas daerah tersebut. 

Memasuki ruangan Nucalale, Kapolda NTT disambut dengan acara Adat Manggarai Manu Kapu, Tuak Curu. Selanjutnya Kapolda NTT melakukan tatap muka bersama Forkopimda di Aula Ranaka Pemda Manggarai.

Pada kesempatan tersebut, Wakil Bupati Manggarai mengucapkan selamat datang di Kabupaten Manggarai.

“Atas nama pemerintah Kabupaten Manggarai kami ucapkan selamat datang di Kabupaten Manggarai dimana Bapak Kapolda sudah menyempatkan diri untuk bertemu dengan kami setelah selesai pelaksanaan pengamanan kegiatan Asean Summit di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat. Kami juga memberikan apresiasi terkait tugas-tugas yang di emban oleh Polri maupun TNI sehingga seluruh kegiatan Asean Summit di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai berjalan aman dan sukses”ungkap Wakil Bupati Manggarai.

Dikatakannya bahwa Pemda Kabupaten Manggarai selama ini sering melakukan diskusi dengan Kapolres Manggarai menyangkut jenis kasus atau kejahatan di wilayah Kabupaten Manggarai.

“Kami berharap sinergitas yang sudah ada ini dapat ditingkatkan dengan baik”tandasnya.

Dikesempatan tersebut, Kapolda NTT memaparkan data kejahatan di wilayah Kabupaten Manggarai atau data crime indeks tahun 2022. Pertama sering terjadi kasus penganiayaan dan lain-lain, Kasus penganiayaan yaitu sebanyak 100 kejadian, kebanyakan sebelum terjadi penganiayaan pasti para pelaku mengkonsumsi minuman beralkohol. 

“Disini saya sampaikan sebetulnya miras tidak dilarang tetapi kita ini tidak tau diri kalau minum sampai mabuk sehingga terjadi keributan yang berujung penganiayaan”ujarnya.

Pada kesempatan tersebut juga Kapolda NTT menyampaikan tugas pokok Polri melayani, mengayomi dan melindungi, dimana Polri wajib melindungi seluruh masyarakat yang baik maupun masyarakat yang melakukan kejahatan.

Kapolda menjelaskan bahwa Polri berperan dalam mendukung Pembangunan Nasional seperti menciptakan keamanan dan ketertiban, pemulihan ekonomi Nasional, mengawal dan memastikan investasi baik dalam negeri untuk membantu pemerintah daerah dalam pembangunan, menjaga stabilitas Politik, mendukung dan mengamankan program kerja pemerintah daerah serta menjamin dan mendukung persatuan dan kesatuan bangsa dengan membangun integritas Polri dengan TNI dan seluruh komponen Bangsa.

“Tidak lama lagi kita akan melaksanakan Pemilu serentak tahun 2024 dan akan banyak kejahatan melalui media sosial dan potensi konflik juga sangat tinggi terutama pada saat pemilihan Presiden. Oleh karena itu mari sama-sama kita tetap menjaga keamanan dan ketertiban sehingga dapat berjalan dengan aman dan lancar”lanjutnya.

Kegiatan diakhiri dengan penyerahan cinderamata dari Wakil Bupati Manggarai kepada Kapolda NTT dan sebaliknya.