Lestarikan Alam, Polres Belu Bersinergi dengan TNI dan Jurnalis Pena Batas Gelar Aksi Tanam Ratusan Pohon Sambut Hari Pers Nasional

Lestarikan Alam, Polres Belu Bersinergi dengan TNI dan Jurnalis Pena Batas Gelar Aksi Tanam Ratusan Pohon Sambut Hari Pers Nasional

Tribratanewsntt.com,- Personel Polres Belu bersama Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif RK 744/SYB dan Persatuan Jurnalis Belu Perbatasan (Pena Batas) RDTL, melakukan penanaman anakan pohon di sekitaran Bendungan Rotiklot, desa Fatuketi, kecamatan Kakuluk Mesak,kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur (NTT), kamis (9/02/2023).

Gerakan penghijauan dalam menyambut hari pers nasional ini, diikuti Kasat Binmas dan anggota, Kapolsek Kakuluk Mesak dan anggota, Kaur Bin Ops Samapta dan anggota serta Pasiter Yonif RK 744/SYB dan anggota.

Hadir juga pada pagi tadi pukul 08.30 wita, Plt.Ketua Pena Batas dan anggota, Komunitas Trash Hero serta sejumlah Masyarakat Desa Fatuketi, kecamatan Kakuluk Mesak.

Dalam aksi penghijauan itu, personel TNI Polri bersama sejumlah Wartawan menanam 750 anakan mente dan Nitas di sekitar bendungan Rotiklot.

Kapolres Belu, AKBP Yosep Krisbiyanto, S.I.K mengungkapkan, aksi tanam ratusan anakan pohon ini sebagai bentuk sinergitas Polri bersama jurnalis demi melestarikan alam serta mencegah terjadinya longsor akibat bencana alam banjir.

"Kegiatan aksi Tanam pohon hari ini merupakan Sinergitas kami (Polri) dengan rekan-rekan media dalam menyambut hari pers nasional tahun ini. Penanaman ini Kita lakukan sebagai upaya menghijaukan lingkungan dan mencegah berbagai bencana alam yang timbul dampak dari pemanasan global, seperti angin kencang dan juga banjir yang sekarang ini banyak terjadi di daerah-daerah di Indonesia"kata Kapolres Belu.

"Dan dipilihnya lokasi rotiklot ini untuk penanaman tujuannya untuk menjaga kestabilan kondisi tanah dimana area di sekitaran bendungan ini sangat berpotensi Longsor bila terjadi hujan dengan intensitas tinggi"lanjut Kapolres Belu. 

Orang nomor satu di Polres Belu ini menambahkan, pihaknya berharap masyarakat di wilayah tersebut, mau menjaga dengan baik sehingga anakan tersebut bisa tumbuh subur sehingga kelestarian hutan akan tetap terjaga.

“Mudah-mudahan anakan yang sudah ditanam tidak dibiarkan begitu saja melainkan dirawat oleh masyarakat sehingga bisa tumbuh besar dan berguna untuk kelangsungan hidup generasi sekarang dan berikutnya” harap Kapolres Belu.