Museum Polri Raih Penghargaan Anugerah Purwakalagrha Museum Award 2022

Museum Polri Raih Penghargaan Anugerah Purwakalagrha Museum Award 2022

Museum Polri berhasil meraih penghargaan dari Anugerah Purwakalagrha Museum Award 2022 dengan kategori Museum Pemrakarsa Kesehatan dan Kesejahteraan. Raihan penghargaan ini lantaran Museum Polri dinilai telah mampu beradaptasi dengan situasi dan kondisi masyarakat paska pandemi Covid-19.

“Museum Polri dinilai telah mampu melakukan sosialisasi kesehatan di tengah pandemi Covid-19 dalam beragam format dan mampu beradaptasi dengan situasi dan kondisi masyarakat pasca pandemi Covid-19,” ujar Kapusjarah Polri Brigjen Pol Hari Nugroho di Jakarta pada Rabu (1/3/2023).

Selain itu, musem juga dianggap telah berkontribusi dalam bentuk beragam kerja sosial selama masa pandemi, khususnya dalam isu kesehatan anak, perempuan, lansia, dan disabilitas.

Museum Polri mengalahkan nominator lainnya adalah Museum IMERI FKUI, Museum Dr. Yap Prawirohusodo, Museum Konferensi Asia Afrika, dan Museum Sumpah Pemuda.

Museum Polri sendiri terletak di Jalan Trunojoyo Nomor 3, Kebayoran Baru. "Pembangunannya ditujukan untuk melestarikan sejarah Polri dan mengomunikasikannya kepada seluruh masyarakat," ujar Brigjen Pol Hari.

Anugerah Purwakalagrha Museum Award 2022 merupakan ajang diprakarsai oleh komunitas jelajah, sebuah komunitas independen yang memiliki minat dan perhatian terhadap berbagai peristiwa, tempat, dan pelaku sejarah, budaya, kemasyarakatan, sains, dan teknologi sejak 2012.