Pastikan Berjalan Aman, Kapolda NTT Cek Langsung Pos Pengamanan Samana Santa 2023 di Larantuka

Pastikan Berjalan Aman, Kapolda NTT Cek Langsung Pos Pengamanan Samana Santa 2023 di Larantuka

Tribratanewsntt.com - Kapolda NTT Irjen Pol. Drs. Johni Asadoma, M.Hum., melakukan kunjungan kerja Ke Kabupaten Flores Timur (Flotim), Kamis (6/4/2023).

Kunjungan kerja ini dalam rangka memantau langsung kesiapan anggota dalam melaksanakan pengamanan prosesi Samana Santa di Larantuka.

Kedatangan Kapolda NTT ini didampingi Ketua Bhayangkari Daerah NTT Ny. Vera Cristina Sirait Asadoma, M.Sc., bersama beberapa Pejabat Utama terdiri Karolog Kombes Pol. Drs. Dahru Siswanto bersama Ibu, Kabidkum Kombes Pol Halasan Roland Situmeang, S.I.K., M.H., bersama Ibu, Dirintelkam Kombes Pol. Jan W. Imanuel Makatita, Dansat Brimob Kombes Pol Ferry Raimond Ukoli, S.I.K., Kabidpropam Kombes Pol Dominicus Savio Yempormase dan Dirpolairud Kombes Pol. Nyoman Budiarja.

Tiba di Pelabuhan TPI Larantuka, Flotim, Kapolda NTT bersama rombongan menggunakan Speed ​​boat Pol Airud. Rombongan Kapolda di terima oleh Kapolres Flotim AKBP I Gede Joni M., S.H.,S.K. M.H., bersama Pejabat Bupati Flotim Drs Doris A. Rihi, dan Forkompinda Flotim dengan Pengalungan kain adat khas NTT.

Rombongan Kapolda NTT didampingi  Kapolres Flotim langsung meninjau kesiapan dan memantau pos pam jalur  prosesi jumat agung dan armida serta Pos Prosesi Laut Samana Santa tahun 2023 di Kabupaten Flotim.

Sedangkan Ketua Bhayangkari Daerah NTT memantau stan UMKM Bhayangkari Cabang Flores timur (produk lokal Fores Timur) yang didampingi oleh Ketua Bhayangkari Cabang Flores Timur dan dihadiri oleh ibu- ibu pengurus Bhayangkari Cabang Flores Timur.

Kemudian, pada Pukul 15.30 Wita, rombongan Dandrem 161/Wira Sakti Brigadir Jenderal TNI Febriel Buyung Sikumbang, S.H., M.M., bersama Ibu drg. Ina Marina Tikupasang didampingi Dandim 1624/Flotim Letkol Inf. Tunggul Jati S.H., Beserta Ibu tiba di Pos Pengamanan Terpadu Ops Semana Santa turangga 2023.

Selanjutnya untuk bersama - sama dengan Kapolda NTT memantau kesiapan pengamanan dan memantau pos pam Jalur  prosesi jumat agung dan armida serta Pos Prosesi Laut Samana Santa tahun 2023 di Kabupaten Flotim.

Dalam pengecekan itu, Kapolda NTT mengingatkan kepada Anggota yang melaksanakan tugas agar memberikan pelayanan yang persuatif, baik keamanan dan kenyamanan demikian juga pengaturan lalu lintas.

"Berikan kenyaman untuk para Peziarah. Dengan memberikan kenyamanan kepada para peziarah dalam menjalankan ritual keagamaan akan merasakan tenang dan damai", jelas Kapolda NTT.

Kepada anggota yang terlibat dalam operasi ini, Kapolda NTT memberikan beberapa penekanan dalam pelaksanaan operasi diantaranya agar memaknai pelaksanaan tugas sebagai ibadah dan pelayanan kepada umat bukan pelaksanaan tugas rutin semata.

"Pelihara disiplin personel dan satuan dengan melaksanakan tugas pengamanan sesuai Renops dan SOP yang telah ditetapkan, tingkatkan kewaspadaan terhadap segala bentuk ancaman serta bangun dan pelihara kekompakan dan soliditas internal Polri khususnya antar personel pengamanan. Bangun dan kembangkan komunikasi dan sinergi dengan segala elemen masyarakat dalam mengamankan kegiatan perayaan paskah", tegasnya.

Orang nomor satu di Polda NTT juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah bersinergi dalam mensukseskan kegiatan keagamaan Semana Santa  tahun 2023 ini .

"Terima kasih kepada Pemda Flotim dan semua pihak yang telah bekerja sama dan bersinergi bersama kepolisian dalam sukseskan Semana Santa ini , tandasnya.

Selain itu, Kapolres Flotim juga menjelaskan dihadapan Kapolda NTT terkait kesiapan PAM Semana Santa dengan didasarkan pada Maping data data  yang sudah tersedia dan terpampang  di Pos PAM terpadu.

Usai meninjau langsung pos pengamanan terpadu Samana Santa tahun 2023, Kapolda NTT dan Danrem 161 Wirasakti melakukan kunjungan ke istana keuskupan Larantuka guna menemui yang mulia Bapa Uskup Larantuka Mgr Frans Kopong Kung.

Diketahui bahwa bahwa operasi semana Santa Turangga 2023  adalah kegiatan kepolisian dalam rangka hari Raya Paskah yang secara khusus di Kabupaten Flotim - Larantuka merupakan tradisi keagamaan yang sudah turun temurun dan telah  berlangsung  sekitar 5 abad lamanya.