Kapolda NTT dan Danrem 161/WS Pimpin Langsung Pengamanan Prosesi Laut Pekan Suci Paskah di Larantuka

Kapolda NTT dan Danrem 161/WS Pimpin Langsung Pengamanan Prosesi Laut Pekan Suci Paskah di Larantuka

Tribratanewsntt.com - Kapolda NTT Irjen Pol Drs. Johni Asadoma, M.Hum dan Danrem 161/ Wirasakti Kupang Brigjen TNI Febriel Buyung Sikumbang, S.H., M.M pimpin langsung pengamanan prosesi laut Samana Santa di Larantuka, Jumat (7/4/2023).

Prosesi laut merupakan salah satu dari rangkaian Semana Santa (Pekan Suci) yang dilaksanakan di Kota Reinha Larantuka, sebelum pada malam harinya berlangsung Prosesi Jumat Agung.

Sebelum mengelar prosesi laut, umat Katolik menggelar jalan Salib bersama di depan Kapela Tuan Meninu. Tepat pukul 11.30 Wita, umat mulai bergerak dari depan Kapela Tuan Meninu, menuju Pantai Kuce dengan puluhan bero (sampan) dan kapal berukuran sedang hingga besar yang mengiringi perjalanan patung Kanak Yesus.

Saat berlangsung prosesi di laut, ribuan umat lain di darat berjalan pelan di pesisir pantai sambil berdoa mengikuti perjalanan prosesi laut yang juga sahut menyahut dari satu kapal dengan kapal lainnya menyampaikan ujud doannya.

Dalam kegiatan ini anggota POLRI, TNI maupun tim SAR dikerahkan guna mengamankan jalannya prosesi laut itu.

Kapolda NTT dan Danrem 161/WS pun turun langsung ikut mengamankan kegiatan prosesi laut tersebut.

Kapolda NTT menyampaikan bahwa, prosesi laut Tuan Maninu di perairan Larantuka itu berjalan lancar.

"Rangkaian kegiatan prosesi laut Tuan Maninu pada pekan suci Paskah di perairan Larantuka berjalan dengan aman dan lancar", pungkas Irjen Pol Drs. Johni Asadoma, M.Hum.