Pastikan Ibadah Perayaan Malam Natal Berjalan Aman, Irwasda Polda NTT bersama Para PJU Cek Langsung Pengamanan di Gereja-Gereja

Pastikan Ibadah Perayaan Malam Natal Berjalan Aman, Irwasda Polda NTT bersama Para PJU Cek Langsung Pengamanan di Gereja-Gereja

Tribratanewsntt.com - Irwasda Polda NTT Kombes Pol Zulkifli, S.S.TmK., S.H., M.M., bersama para pejabat Utama Polda NTT melakukan pengecekan persiapan pelaksanaan ibadah malam Natal di beberapa Gereja di wilayah Kota Kupang sekitar pukul 17.00 Wita, Sabtu (24/12/2022) sore.

Rombongan Irwasda dan pejabat utama, selain melakukan kunjungan ke beberapa gereja yang sedang melaksanakan perayaan natal, juga mengecek langsung pos pengamanan (pospam) dan pos pelayanan (posyan) Operasi Lilin 2022 dalam rangka perayaan Natal 2021 dan Tahun Baru 2023.

Dalam pengecekan ini, Irwasda Polda NTT didampingi Dirbinmas Polda NTT dan Kabidhumas Polda NTT mengecek secara Posyan Lippo plaza dan pengamanan di gereja Talitakum Pasir panjang.

Untuk Karoops Polda NTT bersama Karorena Polda NTT mengecek Pospam Strat A dan Gereja Kota Baru Walikota. Untuk Karosdm Polda NTT dan Dirpolairud Polda NTT mengecek Pospam Pelabuhan Tenau dan Gereja Saitun Tenau. Dirlantas Polda NTT dan Direskrimum Polda NTT mengecek Pospam Pasir Kasih dan Gereja Syalom Airnona.

Sementara itu untuk Dirintelkam Polda NTT dan Dirsamapta Polda NTT mengecek Pospam Terminal Oepura dan Gereja Katolik Kolhua. Untuk Dirresnarkoba Polda NTT dan Dirpamobvit Polda NTT mengecek Pospam Dutalia dan Gereja Maria Asunta Walikota.

Sedangkan Ka SPN Polda NTT dan Ps. Kabidkeu Polda NTT mengecek Posyan Mall Ramayana dan gereja Anugerah El Tari Kupang. Dansatbrimob Polda NTT dan Dirreskrimsus mengecek Pos terpadu Bandara El Tari Kupang dan Gereja Marturia Piet Tallo Penfui. Untuk Kabidpropam Polda NTT dan Kabid TIK mengecek Pospam Kuanino dan Gereja Koinonia Kuanino. Untuk Kabiddokkes Polda NTT dan Auditor TK III Itwasda Polda NTT mengecek Pospam Soverdi Oebufu dan Gereja Santo Yoseph Naikoten.

Irwasda Polda NTT mengatakan pengecekan ini pun dilakukan untuk menjamin dan memastikan keamanan dan kondusifitas Gereja saat kegiatan ibadah Natal berlangsung.

"Kegiatan ini untuk memastikan bahwa pada saat perayaan Natal di Gereja menjadi aman dan nyaman", ucap Irwasda Polda NTT.

"Selain itu, untuk pengecekan pospam dan posyan untuk memastikan kehadiran dan kesiapan personel dalam melaksanakan pengamanan dan mastikan kehadiran dan kesiapan personel serta memberikan dukungan moril kepada personel yang melaksanakan pengamanan", tandasnya.

Diketahui bahwa Polda NTT telah menyiapkan 1.904 orang personel Polri untuk mengamankan Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Selain 1.904 orang personel Polri, pengamanan Natal dan Tahun Baru juga melibatkan seluruh stakeholder terkait dari TNI,  Satuan Polisi Pamong Praja dan PT Jasa Raharja.

Secara keseluruhan ada  3.902 orang baik Polri, TNI dan instansi terkait yang terlibat dalam pengamanan Nataru di wilayah NTT. Khusus dari unsur Polri sebanyak 1.900 personel.

Selain pengamanan oleh Polri dan instansi lain, Polri juga memberdayakan potensi-potensi masyarakat lainnya sehingga semua ikut berpartisipasi.

Operasi Lilin Turangga 2022 di wilayah Polda NTT dilakukan selama 11 hari mulai 23 Desember 2022 hingga 2 Januari 2023 dilanjutkan dengan kegiatan rutin yang ditingkatkan mulai tanggal 3 Januari 2023.