Patroli Kamtibmas di Perairan Adonara, Personel Ditpolairud Polda NTT Beri Pesan Keselamatan Pelayaran Kepada Warga

Patroli Kamtibmas di Perairan Adonara, Personel Ditpolairud Polda NTT Beri Pesan Keselamatan Pelayaran Kepada Warga

Tribratanewsntt.com - Guna menjalankan tupoksi dalam pemelihara kamtibmas di wilayah perairan, Personel Ditpolairud Polda NTT terus melaksanakan kegiatan patroli dan pembinaan masyarakat (Binmas) perairan di Wilayah Hukum Polda NTT.

Seperti yang dilakukan oleh personel Ditpolairud Polda NTT dengan menggunakan sarana Kapal Patroli Polisi NDAO XXII-3009 dipimpin oleh Bripka David Salvius bersama dua personel lainnya menyambangi warga yang berada di Pesisir Pantai Solor, Kecamatan Adonara, Kabupaten Flores Timur, Selasa (25/1/2022).

Dalam kegiatan patroli rutin pembinaan masyarakat ini, Bripka David Salvius menyampaikan imbauan kepada warga yang ditemui untuk selalu waspada dan berhati-hati ketika hendak turun melaut.

“Kami mengimbau warga masyarakat nelayan agar berhati-hati dan waspada dalam mengahadapi cuaca buruk hujan disertai angin kencang,” jelas Bripka David Salvius.

Dengan memberikan pembinaan dan penyuluhan secara tatap muka tentang kewajiban melengkapi alat-alat keselamatan di atas kapal diharapkan warga dapat waspada. Tidak hanya itu, Bripka Bripka David Salvius juga mengimbau agar para nelayan menggunakan alat tangkap yang ramah lingkungan agar kelestarian terumbu karang terjaga sehingga kehidupan ekosistem di bawah laut tetap berlangsung.

"Kami mengingatkan mereka agar tetap waspada dan berhati-hati, perhatikan kondisi perkiraan cuaca, lengkapi alat keselamatan diatas kapal seperti life jacket (jaket pelampung) dan mengingatkan mereka untuk menjaga kelestarian sumber daya laut dengan melakukan penangkapan ikan menggunakan alat tangkap ikan yang ramah lingkungan", harapnya.

Menurutnya, kegiatan Imbauan ini akan secara rutin dilakukan sebagai bentuk penggalangan dalam menjalin kemitraan antara Polri dan masyarakat di pesisir khususnya Nelayan guna menjaga Kamtibmas yang kondusif.

“Ini merupakan tugas kami untuk menjaga dan memelihara Kamtibmas di perairan, setiap nelayan beaktivitas kita imbau untuk mentaati Protokol Kesehatan Covid 19 yang sampai saat ini belum usai”, tandasnya.