Patroli Malam Tahun Baru, Kapolres Manggarai Barat Bubarkan Kerumunan Warga

Patroli Malam Tahun Baru, Kapolres Manggarai Barat Bubarkan Kerumunan Warga

Dengan mengendarai Fin Komodo kesayangannya, Kapolres Manggarai Barat AKBP Bambang Hari Wibowo, S.I.K., M.Si. bersama Dandim 1612/Manggarai Letkol Kav. Ifan Alva, S.Sos. dan semua unsur TNI-Polri serta instansi terkait melakukan patroli pergantian malam tahun baru pada Kamis (31/12/2020) malam.

Dalam kegiatan tersebut, semua unsur TNI-Polri serta instansi terkait menemukan adanya sejumlah masyarakat yang berkerumun di sejumlah titik Kota Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT.

Kerumunan tersebut terlihat di Puncak Waringin, Depan Marina Labuan Bajo serta dibeberapa Restoran maupun Cafe yang kemudian langsung dibubarkan unsur TNI-Polri serta instansi terkait. Bahkan, pembubaran kerumunan secara paksa itu langsung dilakukan oleh orang nomor wahid di Polres Manggarai Barat.

“Mohon maaf bapak ibu, saudara saudari sekalian, silakan kembali ke rumah masing–masing, saat ini masih situasi pandemi, mari kita hindari kerumunan,” kata sejumlah aparat saat membubarkan warga.

Dalam kesempatan itu, aparat TNI-Polri dan instansi terkait juga mengingatkan warga untuk memakai masker dan tidak lagi berkerumun di jalan, Restoran maupun Cafe.

“Ayo jangan lupa pakai masker, jaga jarak. Kalau pulang langsung ke rumah, jangan lagi berkerumun di jalan,” kata salah satu anggota Polri.

AKBP Bambang Hari Wibowo, S.I.K., M.Si. mengatakan, pada patroli pergantian malam tahun baru di Kota Labuan Bajo terpantau berjalan lancar. 

Bahkan kondisi lalu lintas yang biasanya padat di sejumlah titik Kota Labuan Bajo, ketika malam pergantian tahun kali ini cukup berbeda.

“Jadi tepat pukul 00.00 Wita ini, kita berada di titik–titik pusat keramaiam Kota Labuan Bajo, yang biasanya ramai sekali, padat sekali, macet sekali, tapi malam ini Alhamdulillah sepi landai,” katanya usai melakukan patroli malam pada Jumat (1/1/2021) dini hari.

“Tadi Kita langsung membubarkan kerumunan pada sejumlah Rumah Makan, Restoran, dan Cafe yang masih beroperasi di luar ketentuan larangan hingga pukul 21.00 Wita, Pengunjung di salah satu restoran jalan Van Bekkum dibubarkan dan pemilik restoran diberi teguran,” sambung Kapolres.

Selain itu, dia mengklaim, jika sosialisasi yang dilakukan sebelumnya kepada masyarakat agar tidak usah keluar rumah pada malam pergantian tahun ini dinilai sukses.

Lantaran itu, dia berterimakasih kepada seluruh masyarakat yang telah menaati Maklumat Kapolri dan imbauan Kapolres Manggarai Barat serta imbauan Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat. Menurut AKBP Bambang Hari Wibowo, S.I.K., M.Si., kesuksesan kali ini juga turut sangat dibantu semua unsur baik anggota Polri dan TNI serta instansi terkait

“Saya berterimakasih kepada masyarakat Manggarai Barat khususnya Kota Labuan Bajo yang sudah taat tidak keluar rumah, saya juga terimakasih kepada Dandim 1612/Manggarai Letkol Kav. Ifan Alva, S.Sos. dan Forkopimda yang bersama–sama menjaga ketertiban Kota. Hingga pukul 00.00 Wita ini berjalan tertib,” katanya.

“Jadi semuanya berjalan lancar sesuai dengan skenario. Selamat Tahun Baru 2021, Semoga Tahun yang Baru ini membawa semangat Kebahagiaan, Kesehatan yang baik tentunya disertai dengan Harapan yang Baru,” harapnya.

Di tempat yang sama, Dandim 1612/Manggarai Letkol Kav. Ifan Alva, S.Sos. memastikan, pada malam pergantian tahun kali ini pelanggaran Protokol Kesehatan (prokes) tidak begitu menonjol.

“Maka dari ini kita berterimakasih, kepada masyarakat wilayah Kabupaten Manggarai Barat khususnya Kota Labuan Bajo, yang telah menjaga kesehatan. Mari kita jaga Prokes termasuk menjauhi kerumunan–kerumunan,” ujarnya. 

Turut Hadir dalam kegiatan tersebut, Wakapolres Manggarai Barat Kompol Sukanda, Pabung Kodim 1612/Manggarai Mayor S. Hadi, Kabag Ops Polres Manggarai Barat AKP Roberth M. Bolle, Danramil 1612-02/Labuan Bajo Kapten Inf. I Nyoman Sukada, Kasi Propam IPTU Royke Weridity Para PJU Polres Mangggarai Barat dan Forkopimda Kabupaten Manggarai Barat serta Personil gabungan TNI-Polri dan Instansi terkait.