Peduli Terhadap Sesama, Kapolda NTT Beri Sumbangan Hewan Kurban di Dua Mesjid

Peduli Terhadap Sesama, Kapolda NTT Beri Sumbangan Hewan Kurban di Dua Mesjid
Peduli Terhadap Sesama, Kapolda NTT Beri Sumbangan Hewan Kurban di Dua Mesjid

Tribratanewsntt.com - Menyambut perayaan Idul Adha 1442 Hijriah, Kapolda NTT Irjen Pol. Drs. Lotharia Latif, S.H., M.Hum., memberikan sumbangan Hewan Kurban di dua mesjid yakni Masjid Al-Muawwanah Polda NTT dan Mesjid Ulul Azmi Brimob Polda NTT, Kota Kupang, Selasa (20/7/2021) pagi.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolda NTT menyerahkan secara langsung 3 ekor sapi yakni 2 ekor sapi diserahkan ke Masjid Al-Muawwanah Polda NTT dan 1 ekor sapi diserahkan ke Mesjid Ulul Azmi Brimobda NTT.

Turut Hadir mendampingi Kapolda dalam penyerahan Hewan Kurban ini yakni Karo SDM Polda NTT, Karorena Polda NTT, Karolog Polda NTT, Dirsamapta Polda NTT, Dansat Brimobda Polda NTT, Kabidkeu Polda NTT dan Kabidpropam Polda NTT.

Adapun hewan kurban di Masjid Al-Muawwanah Polda NTT sebanyak 24 ekor terdiri dari sapi 11 ekor dan kambing 13 ekor. Sementara di Mesjid Ulul Azmi Brimobda NTT disembelih 9 ekor hewan kurban terdiri dari sapi 3 ekor dan kambing 6 ekor. Hewan kurban yang disembelih adalah sumbangan langsung dari Kapolda NTT, para jamaah Masjid Al Muawwanah Polda NTT dan Mesjid Ulul Azmi Brimobda NTT.

Pembagian daging hewan kurban ini akan diberikan kepada jemaah kurang mampu, penghuni asrama Mapolda NTT dan masyarakat sekitar yang membutuhkan.

Kapolda NTT berterima kasih atas seluruh rangkaian kegiatan di tengah-tengah pandemi Covid-19, keluarga besar Polda NTT masih tetap bisa melaksanakan ibadah salat Idul Adha dan pelaksanaan kurban sesuai dengan protokol kesehatan yang dianjurkan oleh pemerintah.

Kapolda juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah menitipkan hewan kurbannya untuk di lakukan penyembelihan di Masjid Polda dan Masjid Brimob Polda NTT.

"kegiatan kurban membawa manfaat bagi sesama, bagi keluarga besar kita baik internal Polri maupun bagi masyarakat. Mudah-mudahan kurban ini juga bisa menjadi salah satu berkah bagi kita dan seluruh keluarga besar Polda NTT khususnya dan bangsa Indonesia segera bisa diringankan beban kita kemudian dihapus penyakit wabah corona yang saat ini menimpa kita semua", ucap Kapolda NTT.

Ia sampaikan bahwa ibadah kurban yang diselenggarakan juga mengandung nilai kemanusiaan dan nilai sosial. Karenanya, lewat kurban, manusia memiliki kepedulian sosial terhadap sesama, diwujudkan dalam bentuk berkorban. Juga menunjukan solidaritas dan berkeprihatinan terhadap sesama umat dengan memberikan bantuan material, tenaga dan iringan doa serta keikhlasan terhadap sesama manusia.

Penyembelian hewan kurban juga merupakan suatu simbol kebersamaan yang sangat baik dalam menumbuhkan kerukunan antara kita bersama.

"Wujud kepedulian terhadap sesama dan tentu saja di tengah situasi pandemi Covid-19 kita dituntut untuk lebih meningkatkan ibadah kita sesuai dengan agama dan keyakinan kita masing-masing serta menjaga kerukunan dan semangat berbagi terhadap sesama", harapnya.

Sementara itu, Pihak Panitia menyampaikan bahwa pelaksanaan penyaluran daging hewan kurban saat ini, akan dibagikan ke rumah masing-masing yang berhak  sehingga menghindari kerumunan untuk mencegah penyebaran covid-19.