Pembinaan Rohani Dan Mental Agama Hindu Personil Polres Ende

Pembinaan Rohani Dan Mental Agama Hindu Personil Polres Ende

Bertempat di Aula Gedung Bhayangkara Polres Ende telah dilaksanakan kegiatan pembinaan rohani dan mental Agama Hindu Personel Polres Ende. Kegiatan dipimpin oleh Pinandita I N B Anom Triyadnya dan dihadiri oleh Kabag Ops, Kabag Ren, Kasi Keu Polres Ende dan seluruh Personel Polres Ende yang beragama Hindu, Kamis (19/11/20) pukul 08.00 wita.

Adapun Tema dalam kegiatan Binroh yaitu Tri Kaya Parisudha  artinya “TIGA”, Kaya artinya Karya atau perbuatan sedangkan parisudha artinya penyucian Jadi Kri Kaya Parisudha berarti tiga perbuatan atau prilaku yang harus di sucikan. Yang dimana Tri Kaya Parisdha ini sangat berpengaruh di dalam kita menjalani hidup sebagai umat manusia.

Adapun bagian - bagian dari trikaya parisudha adalah sebagai berikut:

1. Manacika
Yang berarti berpikir suci atau berpikir yang benar. Karena pikiran yang mengundang sifat dan seluruh organ tubuh untuk melakukan sesuatu. Maka ada baiknya jika pikiran kita selalu bersih dan tselalu berpikir positif

2.  Wacika
Yang berarti berkata yang benar. maka baiknyalah kita di dalam kehidupan sehari – hari sebaiknya berkata yang benar ,tidak menyingguang ataupun menghina dan mencaci orang lain.

3.  Kayika
Yang berarti perbuatan atau prilaku suci atau berprilaku yang benar, dimana perbuatan kita dalam kehidupan sehari-hari sangat berpengaruh di dalam diri manusia. Maka sebaiknyalah kita berprilaku yang baik demi terciptanya hubungan yang harmonis antara sesama manusia.

Kegiatan pembinaan rohani dan mental berakhir pada pukul 09.30 wita serta berjalan aman dan lancar.